196. KAPAN YESUS DISALIB?
_________________________________________________
Beberapa hari yang lalu, seorang
teman mengatakan ada yang memperdebatkan sebetulnya kapan Yesus disalib. 14
Nisankah sebagai Domba kurban Passah? Atau 15 Nisan, hari pertama Roti Tidak
Beragi seperti yang tertulis di Matius 26:17?
Jadi terima kasih kepada Pdt.
Kristiyono Sarjono yang telah memberikan penjelasannya, yang sekarang aku
bagikan supaya semua boleh tahu.
Seluruh pekerjaan penebusan Allah Anak di dunia,
sudah dirancang dan dijadwalkan oleh Allah sejak semula, dan
semuanya dilambangkan oleh pola upacara hari-hari raya Bait Suci yang diajarkan
kepada bangsa Israel. Jadi tidak asal sesuka-suka hati kapan Yesus mau lahir,
kapan Dia dibaptis, berapa lama pelayananNya, kapan Dia mati, kapan Dia
bangkit, kapan Dia kembali ke Surga, semua sudah ada planningnya yang
terperinci.
Galatia 4:4-5
4 Tetapi ketika genap
waktunya, Allah mengutus Anak-Nya, yang lahir dari
seorang perempuan, lahir di bawah Hukum 5
untuk menebus mereka yang berada di bawah Hukum,
supaya kita boleh menerima pengadopsian sebagai
anak.
Jadi sejak kelahiranNya, itu sudah
mengikuti rencana dan jadwal yang tepat, “ketika
genap waktunya”, berarti waktunya sudah ditentukan, sehingga saat waktu itu tiba, baru
peristiwa itu terjadi.
Semua tentang kehidupan Yesus sebagai
Sang Mesias sudah direncanakan, bahkan sudah diberitahukan kepada nabi-nabi,
agar mereka bisa menyampaikan kepada manusia nubuatan-nubuatan tentang
kehidupan dan pekerjaan Yesus.
Di sini kita tidak akan membahas semua
nubuatan tentang Yesus, terlalu panjang, tetapi khusus hanya tanggal
kematianNya yang menurut beberapa orang ada yang membingungkan.
Kita tahu Yesus adalah Anak Domba Allah
yang datang untuk mengangkat pergi dosa dunia.
Yohanes
1:29
Pada keesokan harinya Yohanes melihat Yesus datang
kepadanya dan ia berkata: ‘Lihatlah Anak Domba Allah, yang membawa pergi dosa dunia.’
Dan kita tahu, sebagai Anak Domba
Allah, Yesus harus dipersembahkan sebagai kurban, karena itulah misiNya,
darahNya harus dicurahkan untuk menghapuskan dosa, karena tanpa penumpahan
darah, tidak ada pengampunan untuk dosa.
Ibrani 9:22
Dan
hampir segala sesuatu dikuduskan menurut Hukum dengan darah, dan tanpa
penumpahan darah tidak ada pengampunan dosa.
Tuhan sudah mengajarkan konsep ini
sejak pertama Adam dan Hawa berbuat dosa. Pada waktu itu, dua ekor domba
dikurbankan dan kulitnya diambil untuk dijadikan pakaian bagi Adam dan Hawa,
yang melambangkan bahwa ketelanjangan Adam dan Hawa akibat kehilangan pakaian
kemuliaan mereka gara-gara berbuat dosa, hanya bisa ditutupi oleh kebenaran
Kristus yang dilambangkan oleh kulit domba yang disembelih sebagai kurban dosa
mereka.
Konsep ini dipraktekkan turun
temurun, kita ingat kisah Habel yang kurbannya diterima Allah sedangkan Kain
yang hanya mempersembahkan hasil tanamannya tanpa hewan kurban, persembahannya
tidak diterima Allah.
Jadi sejak awal mula manusia sudah
tahu tentang konsep kurban ini, bahwa hewan-hewan kurban yang mereka
persembahkan itu melambangkan Kristus yang suatu hari akan datang dan
menggenapi lambang tersebut.
Sejak zaman Musa, peraturan ini oleh
Tuhan disuruh catat, dan itu tercatat dalam kitab Taurat.
Imamat
17:11
Karena
hidup makhluk ada di darahnya; dan Aku telah
memberikannya kepadamu di atas mezbah untuk mengadakan pendamaian bagi nyawamu,
karena darahlah yang mengadakan pendamaian bagi nyawa.
Maka ada tujuh upacara Bait Suci yang
harus dilakukan bangsa Israel setiap tahunnya yang semuanya melambangkan
pekerjaan penebusan Kristus. Bisa dilihat di Imamat 23:4-44.
Kematian Kristus itu sudah
dijadwalkan terjadi pada waktu kurban domba Passah, upacara yang pertama dalam
setiap tahun.
Menurut tulisan Musa, domba Passah
itu disembelih pada tanggal 14 bulan yang pertama, bulan Nisan, pada waktu
senja. Kalau kita pelajari maka yang dimaksud dengan waktu senja ialah pukul 3
siang.
Imamat 23:5-6
5 Pada
hari ke empat belas bulan yang pertama, pada waktu senja, itulah Passah TUHAN. 6 Dan pada hari yang kelima belas
bulan yang sama itulah hari raya Roti Tidak Beragi bagi TUHAN. Tujuh hari lamanya kamu harus makan roti yang
tidak beragi.
Kita tahu dari Ester 3:7 bahwa bulan pertama
kalender Ibrani itu namanya Nisan.
Ester 3:7
Dalam
bulan pertama, yakni bulan Nisan,
dalam tahun yang kedua belas zaman raja Ahasyweros…
Berarti kematian Yesus mengikuti
ketentuan kurban Passah ini harus terjadi pada tanggal 14 Nisan pukul 3
siang.
Pukul 3 siangnya sudah betul, karena
Alkitab mengatakan:
Matius 27:45-46, 50-51
45 Nah, mulai dari jam keenam
ada kegelapan meliputi seluruh daerah itu hingga
jam
kesembilan. 46 Dan pada kira-kira jam kesembilan berserulah Yesus
dengan suara nyaring, ‘Eli, Eli, lama sabakhtani?’ artinya, ‘Allah-Ku,
Allah-Ku, mengapa Engkau meninggalkan Aku?’ 50 Yesus setelah
Dia berseru lagi dengan suara nyaring,
lalu menyerahkan
nyawa-Nya. 51 Dan lihatlah, Tabir Bait Suci tercabik
dua dari atas sampai ke bawah; dan bumi berguncang,
dan bukit-bukit batu terbelah.
Sekarang untuk tanggal 14 Nisannya,
ini yang membingungkan. Karena di Matius tertulis bahwa pada
hari pertama Roti Tidak Beragi, Yesus masih hidup! Padahal hari
pertama Roti Tidak Beragi itu tanggal 15 Nisan! Lihat Imamat 23:6 di atas.
Matius 26:17
Nah, pada hari pertama dari hari raya Roti Tidak Beragi
datanglah murid-murid kepada Yesus, berkata kepadaNya,
‘Di mana Engkau mau kami mempersiapkan bagiMu makan Passah?
Jadi kalau menurut Matius 26:17, Yesus
baru disalib pada tanggal 15 Nisan, berarti kalau begitu Dia tidak menggenapi
misiNya untuk mati sebagai Anak Domba Allah yang membebaskan manusia dari
perbudakan dosa.
Kita harus punya satu keyakinan, bahwa
Alkitab itu ditulis di bawah ilham Roh Allah, jadi bukan manusia asal menulis sesuka
hatinya. Karena itu isinya pasti benar. Kalau ada yang tidak benar, itu
biasanya karena ada salah penerjemahan dari bahasa aslinya. Terkadang yang
menerjemahkan memilih kata yang tidak tepat apabila kata yang diterjemahkan
memiliki beberapa arti.
Mari kita lihat apa yang tertulis di
Markus tentang peristiwa yang sama.
Markus
14:12
Dan pada hari pertama dari hari raya Roti
Tidak Beragi, ketika orang menyembelih domba Passah,
murid-murid-Nya berkata kepada-Nya, ‘Di mana
Engkau mau kami pergi dan mempersiapkan agar Engkau boleh
makan Passah?
Nah, di Markus ayat ini menjadi lebih
janggal, bagaimana
hari pertama Roti Tidak Beragi bisa menjadi waktu orang menyembelih domba
Passah? Itu dua hari yang berbeda! Berarti ada yang salah. Dan
karena Rasul yang menulisnya tidak mungkin salah, maka yang salah haruslah
penerjemahannya.
Jadi sekarang kita ke tulisan Greekanya.
Matius 26:17
NowG1161 theG3588 firstG4413 day of theG3588 feast of
unleavened breadG106 theG3588 disciplesG3101 cameG4334 to Jesus,G2424 sayingG3004 unto him,G846 WhereG4226 wiltG2309 thou that we prepareG2090 for theeG4671 to eatG5315 theG3588 passover?G3957
Markus 14:12
AndG2532 theG3588 firstG4413 dayG2250 of unleavened bread,G106 whenG3753 they killedG2380 theG3588 passover,G3957 hisG846 disciplesG3101 saidG3004 unto him,G846 WhereG4226 wiltG2309 thou that we goG565 and prepareG2090 thatG2443 thou mayest eatG5315 theG3588 passover?G3957
Kata yang diterjemahkan “first” kodenya G4413
tulisan Greekanya ialah πρῶτος [prōtos], yang
memiliki beberapa arti:
foremost (in time, place,
order or importance): - before, beginning,
best, chief (-est), first (of all), former.
Nah,
kalau melihat pilihan terjemahannya, maka seharusnya kata yang diambil untuk
Matius 26:17 dan Markus 14:12 bukan “first” (= pertama) melainkan “before” (= sebelum).
Kalau “sebelum”, maka semuanya tepat, jadi seharusnya
ayat-ayat ini demikian:
Matius 26:17
Nah, pada hari pertama sebelum
hari raya Roti Tidak Beragi datanglah murid-murid kepada Yesus, berkata kepadaNya, ‘Di mana Engkau mau kami mempersiapkan bagiMu makan
Passah?
Markus
14:12
Dan pada hari pertama sebelum
hari raya Roti Tidak Beragi, ketika orang
menyembelih domba Passah, murid-murid-Nya berkata kepada-Nya, ‘Di mana Engkau mau
kami pergi dan mempersiapkan agar Engkau boleh makan Passah?
Iya kan? Kalau “sebelum” semuanya
klop. Roti Tidak Beragi itu 15 Nisan, maka hari sebelumnya adalah 14 Nisan.
Berarti tepat Yesus harus mati sebagai Anak Domba Passah, dan itu sesuai dengan
hari raya kurban Passah, yaitu 14 Nisan.
Semoga penjelasan ini bermanfaat.
24 10 20
Tidak ada komentar:
Posting Komentar