Minggu, 07 April 2013

SERIAL NUBUATAN DANIEL: BAG. KEDUA: MEMPERKENALKAN SI TANDUK KECIL



Memperkenalkan: SI  TANDUK KECIL

DANIEL  PASAL  7-8

 

 

Ini adalah bagian kedua pembahasan kita tentang nubuatan-nubuatan di Kitab Daniel.

Di Daniel pasal 7, Tuhan kembali mengulangi pesannya tentang kerajaan-kerajaan dunia yang akan memperebutkan kekuasaan di dunia. Kali ini bukan lewat Nebukadnezzar yang sudah meninggal pada saat itu, tetapi lewat Daniel sendiri, yang diberi penglihatan di dalam mimpinya, sekitar 65 tahun setelah mimpi Nebukadnezzar. Yuk, kita bahas bersama.

 

Ayat 1-14 itu adalah penglihatan Daniel yang membuatnya bingung.

Ayat 15-16 Daniel minta penjelasan tentang apa yang dilihatnya.

Ayat 17-27 adalah penjelasan dari penglihatannya.

Jadi di sini akan digabungkan antara yang dilihat oleh Daniel dengan penjelasan dari penglihatannya sehingga ayat-ayatnya tidak urut.

 

7:1          Di tahun pertama pemerintahan Belsyazar, raja Babel, Daniel mendapat mimpi dan penglihatan-penglihatan dalam benaknya di tempat tidurnya. Lalu dia menuliskan mimpi itu, dan menceritakan garis besar perihalnya.

 

v   “Di tahun pertama pemerintahan Belsyazar

Dari pembahasan Daniel pasal 2 yang lalu, kita sudah mengenal Belsyazar yang mabuk-mabukan memakai bejana-bejana Bait Suci yang kudus untuk pesta poranya. Dialah raja terakhir Babilon yang ditaklukkan Cyrus [Koresh]. Daniel mendapat mimpi ini sekitar 2 tahun sebelum kejatuhan Babilon itu.

 

 

Kita melompat ke ayat 15-16 membaca kesedihan Daniel karena tidak mengerti apa yang dilihatnya.

 

7:15        Aku, Daniel, berduka dalam hatiku yang di dalam tubuhku, dan penglihatan-penglihatan dalam kepalaku menggelisahkan aku.

7:16        Aku mendekati salah satu dari mereka yang berdiri di sana dan menanyakan dia arti semuanya itu. Maka ia mengatakan kepadaku dan memberitahu aku penafsiran hal-hal tersebut.

 

v   “Aku mendekati salah satu dari mereka yang berdiri di sana

Daniel bertanya kepada salah seorang malaikat untuk minta penjelasan.

 

 

Kita kembali ke penglihatan Daniel.

 

7:2          Daniel bicara dan berkata, ‘Aku melihat dalam penglihatanku di malam hari, dan tampaklah keempat angin dari langit bergumul di atas lautan luas,

 

v   “keempat angin dari langit

Dalam bahasa simbolis “angin” melambangkan peperangan, penyerangan. Kita lihat contoh dua ayat yang memakai kata “angin”.

Habakuk 1:9

Mereka semuanya akan datang untuk melakukan kekerasan, wajah mereka akan menelan habis seperti angin timur, dan mereka akan mengumpulkan tawanan seperti pasir.

 

Yeremia 49:36-37

36 Dan ke atas Elam Aku akan mendatangkan keempat angin dari keempat penjuru langit, dan akan menyerakkan mereka ke arah semua angin itu, dan tidak akan ada bangsa yang tidak akan didatangi oleh orang-orang buangan dari Elam. 37 Sebab Aku akan membuat Elam kecil hati di depan musuh-musuh mereka, dan di depan orang-orang yang mau membunuh mereka; dan Aku akan mendatangkan malapetaka ke atas mereka, yakni murka-Ku yang menyala-nyala, firman TUHAN. Dan Aku akan mengirimkan pedang mengejar mereka sampai Aku habiskan mereka.

 

v   “bergumul di atas lautan luas”

Dalam bahasa simbolis “laut” [banyak air] melambangkan bangsa-bangsa, orang banyak.

Wahyu 17:15

Lalu ia berkata kepadaku, Semua air yang telah kaulihat, di mana pelacur itu duduk, adalah kaum-kaum, dan orang banyak, dan bangsa-bangsa dan bahasa-bahasa.

 

Jadi keempat angin dari langit bergumul di atas lautan luas” artinya ada banyak peperangan yang timbul di antara bangsa-bangsa.

 

 

7:3          Dan empat binatang besar naik dari dalam laut, yang satu berbeda dengan yang lain.

 

v   “empat binatang besar naik dari dalam laut

Kita akan melihat bahwa binatang besar itu melambangkan kekuasaan pemerintahan. Berarti dari hasil peperangan di antara bangsa-bangsa akan muncul empat kekuasaan yang memerintah, dalam hal ini kerajaan.

 

v   “yang satu berbeda dengan yang lain

Jadi keempat kekuasaan itu beda-beda, tidak ada yang sama.

 

 

7:17        Binatang-binatang besar yang empat ekor itu, ialah empat raja yang akan muncul dari bumi.

 

v   “empat raja

Jadi sudah langsung dijelaskan kepada Daniel bahwa empat binatang besar dalam penglihatannya adalah empat raja, atau empat kerajaan.

 

 

7:4          Yang pertama seperti seekor singa, dan mempunyai sayap burung rajawali; aku melihat sampai sayapnya tercabut, dan ia terangkat dari bumi, dan ditegakkan di atas dua kaki seperti manusia, dan kepadanya diberikan hati manusia.

 

v   “Yang pertama seperti seekor singa, dan mempunyai sayap burung rajawali

Kita langsung tahu bahwa ini bukanlah binatang literal karena tidak ada singa yang punya sayap rajawali. Tetapi singa dengan sayap rajawali adalah lambang negara Babilon. Bisa dilihat di gambar-gambar peninggalan mereka, selalu ada singa bersayap rajawali.

Singa selalu melambangkan raja, dia rajanya kerajaan hewan, raja hutan. Berarti ini adalah lambang seorang raja yang ditakuti bangsa-bangsa lain.

 

 

Yeremia 4:7 (bicara tentang Babilon yang akan menghancurkan Yehuda):

Singa telah keluar dari belukarnya, dan si pemusnah bangsa-bangsa kafir sedang dalam perjalanannya; dia telah keluar dari tempatnya untuk membuat negerimu terlantar; dan kota-kotamu akan hancur berantakan tanpa penghuni.

 

Singa yang dilihat Daniel ini mempunyai sayap burung rajawali. Sayap di dalam nubuatan Alkitab selalu melambangkan kecepatan menaklukkan, kecepatan bergerak. Nabi Habakuk memberi gambaran betapa tepatnya  kerajaan Babilon lah yang dilambangkan oleh singa bersayap itu.

Habakuk 1:6-9

6 Sebab lihat, Akulah yang membangkitkan orang Kasdim, bangsa yang getir dan tidak sabar itu, yang akan bergerak melintasi luas negeri, untuk menduduki tempat-tempat kediaman, yang bukan kepunyaan mereka. 7 Mereka itu mengerikan dan menakutkan; penghukuman mereka dan martabat mereka akan keluar dari mereka sendiri. 8 Kuda-kuda mereka juga  lebih cepat daripada macan-macan tutul, dan lebih ganas daripada serigala-serigala malam; dan pasukan kuda mereka menyebar ke mana-mana, dan pasukan kuda mereka akan datang dari jauh, mereka akan terbang seperti rajawali yang bergegas untuk makan. 9 Mereka semuanya akan datang untuk melakukan kekerasan, wajah mereka akan menelan habis seperti angin timur, dan mereka akan mengumpulkan tawanan seperti pasir.

 

Singa sungguh tepat melambangkan Babilon. Kita pasti ingat bagaimana Darius salah satu raja Media setelah menaklukkan Babilon melemparkan Daniel ke kandang singa yang ada di sana.

 

v   “sayapnya tercabut 

Kalau sayapnya dicabut berarti tidak bisa terbang lagi, keperkasaannya dan kegagahannya dicabut. Perhatikan ini kalimat pasif, berarti ada yang mencabut sayapnya, sayapnya tidak lepas sendiri.

 

v   “terangkat dari bumi

Artinya dia tidak punya kuasa lagi di bumi, tidak ada yang mengenalnya lagi di bumi. Ada satu masa dia seolah-olah bukan manusia lagi, karena dia dijadikan seperti hewan, pada waktu itu dia direndahkan oleh Tuhan.

 

Di Daniel pasal 4 (silakan baca sendiri) kita temui kisah bagaimana Nebukadnezzar yang membanggakan kehebatan dirinya, direndahkan oleh Tuhan (= dicabut sayapnya dan terangkat dari bumi), dan dibuat kehilangan akal warasnya.

Daniel 4:32-33

32 Dan mereka akan menghalau engkau dari antara manusia, dan tempat tinggalmu akan ada di antara binatang-binatang di padang; mereka akan membuat engkau makan rumput seperti lembu; dan tujuh masa akan berlalu atas engkau, hingga engkau sadar bahwa Yang Mahatinggi yang berkuasa atas kerajaan manusia dan memberikannya kepada siapa yang dikehendaki-Nya. 33 Di jam yang sama hal itu digenapilah pada Nebukadnezar; dan ia dihalau dari antara manusia, dan benar-benar makan rumput seperti lembu, dan tubuhnya basah oleh embun dari langit, sampai rambutnya tumbuh panjang seperti bulu burung rajawali dan kuku-kukunya seperti cakar-cakar burung.

 

v   “ditegakkan di atas dua kaki seperti manusia

Setelah direndahkan demikian rupa untuk waktu yang cukup lama [7 masa = 7 tahun] Tuhan mengembalikan akal warasnya, dan menegakkannya pada kedua kakinya lagi seperti manusia. Tadinya sewaktu tidak waras itu dia berjalan seperti hewan dengan tangan dan kakinya.

Daniel 4:34-36

34 Dan pada akhir hari-hari itu, aku, Nebukadnezar, menengadahkan mataku ke langit, dan akal budiku kembali lagi kepadaku. Dan aku memuji Yang Mahatinggi dan aku memuji dan memuliakan Dia yang hidup selamanya itu, yang kekuasaan-Nya ialah kekuasaan yang kekal, dan kerajaan-Nya dari generasi ke generasi. 36 Pada waktu yang sama akal budiku kembali kepadaku, dan demi kemuliaan kerajaanku, kehormatanku dan pencerahan kembali kepadaku; dan para penasihatku, dan para pembesarku mencari hadiratku; dan aku ditetapkan dalam kerajaanku, dan kemuliaan yang unggul ditambahkan kepadaku.

 

v   “kepadanya diberikan hati manusia

Ketika dia menyombongkan dirinya, Tuhan memberinya hati binatang. Selama tujuh tahun dia menganggap dirinya binatang dan dia hidup seperti binatang.

Daniel 4:16

Biarlah hatinya diubahkan dari hati  manusia, dan biarlah  hati seekor binatang diberikan kepadanya. Dan biarlah tujuh masa berlalu atasnya.

 

 Sekarang Tuhan mengembalikan hati manusia kepadanya.

Daniel 4:37

Sekarang aku, Nebukadnezar, memuji, meninggikan dan memuliakan Raja Sorgawi, yang segala perbuatan-Nya adalah benar, dan jalajalan-Nya adil, dan mereka yang hidup angkuh Dia sanggup merendahkan.

 

Jadi inilah riwayat seorang raja pagan yang bengis dan sombong, yang ditakuti bangsa-bangsa, yang menghancurkan kota Allah dan Bait Sucinya, yang menawan umat Allah, yang membuat sebuah patung dirinya yang super besar dan mengharuskan semua orang menyembah patung itu, kemudian dia direndahkan Tuhan sehingga menjadi tidak beda dengan binatang yang liar.  Dan dia sadar, dan dia bertobat, dan dia menjadi umat Allah, setia hingga akhir. Namanya masuk Alkitab menjadi teladan, dan juga masuk Kitab Kehidupan Sang Domba. Dia akan dibangkitkan saat Kristus datang kedua kalinya nanti. Dia akan bertemu lagi dengan Daniel, tawanannya, abdinya, penasihatnya, sahabatnya yang setia, orang yang pertama mengenalkan dia kepada Allahnya. Kita mungkin tidak sejahat Nebukadnezar, tidak sebengis dia, kita tidak membunuh orang, tidak menawan orang, kita tidak pernah dihukum menjadi binatang, tapi akankah kita dibangkitkan kepada hidup kekal nanti? Apakah pertobatan kita setara pertobatan Nebukadnezar?  

 

Menurut sejarah, Babilon memerintah dari 626-538 BC, hanya sekitar 88 tahun.

 

 

7:5          Dan lihat, seekor binatang yang lain, yang kedua, seperti seekor beruang; dan ia mengangkat dirinya pada sebelah sisinya, dan ada tiga tulang rusuk di dalam mulutnya di antara giginya. Dan mereka mengatakan demikian kepadanya, ‘Bangkit, habiskan daging banyak-banyak.’

 

v   “yang kedua, seperti seekor beruang

Binatang kedua pamornya turun, dari singa raja hutan, menjadi hanya beruang. Sama seperti di mimpi Nebukadnezar (Daniel pasal 2) yang sudah kita bahas mengenai patungnya itu, perak tidak semahal emas murni nilainya. Maka kerajaan ini juga tidak semegah Babilon. Jika bagian dada dan lengan patung itu melambangkan kerajaan Medo-Persia, maka seharusnya “beruang” ini juga melambangkan Medo-Persia, Dua negara yang memerintah bersama-sama.

 

v   “dan ia mengangkat dirinya pada sebelah sisinya

Beruang ini berdirinya tidak imbang, satu sebelah lebih tinggi. Maka berarti satu negara lebih kuat daripada yang lain. Menurut sejarah pada awalnya kerajaan Media lebih kuat, tetapi tidak lama. Persia yang kemudian lebih menonjol.

 

v   “tiga tulang rusuk di dalam mulutnya di antara giginya

Ini menggambarkan tiga korban yang dilumatnya. Sejarah mencatat bahwa  Persia benar-benar menghancurkan tiga tempat yaitu: Babilon, Lydia, dan Mesir.

 

v   “habiskan daging banyak-banyak

Seruan untuk menghabiskan daging banyak-banyak menunjukkan bagaimana Medo-Persia ini menghancurkan ketiga tempat tersebut.

Menurut sejarah, Medo-Persia memerintah dari 538-331 BC, yaitu 207 tahun.

 

Sementara kepada Nebukadnezar Tuhan tidak mengungkapkan terlalu banyak tentang kerajaan kedua (dada + lengan patung) dan kerajaan ketiga (paha patung), kepada Daniel, Tuhan memberikan dua penglihatan. Yang satu adalah yang dicatat dalam Daniel pasal 7 ini (beruang dan macan tutul), dan yang satu lagi dilihat Daniel dua tahun kemudian, dan dicatat di pasal 8 yang dilambangkan oleh Domba dan Kambing.

Kalau kita bandingkan antara mimpi Nebukadnezzar (pasal 2), mimpi Daniel pada tahun pertama pemerintahan Belsyazzar (pasal 7) dan penglihatan Daniel di Susan, Elam pada tahun ketiga pemerintahaan Belsyazzar (pasal 8); sesungguhnya mengungkapkan hal yang sama, yaitu kisah 4 kerajaan dunia: Babilonia, Medo-Persia, Yunani dan Roma. Begitu pentingnya pesan yang mau disampaikan Tuhan kepada kita, hingga diberikanNya tiga kali!

 

Mimpi Nebukadnezzar hanya memberikan sebagian latar belakang sejarah dunia secara politis. Sedangkan dalam mimpi Daniel yang pertama tentang hal itu (pasal 7), Tuhan sudah membuka jauh lebih luas rahasia masa depan dunia ini. Masih menceritakan 4 kerajaan itu, yaitu Babilon, Medo-Persia, Yunani dan Roma, tetapi keterangan yang terbanyak menyangkut kerajaan yang keempat. 

 

Tetapi dalam penglihatan Daniel dua tahun kemudian (pasal 8), negara Babilon sudah tidak  disebut lagi. Mengapa? Karena selain Babilon akan lewat dari sejarah, juga berkaitan dengan nubuatan 2300 Petang dan Pagi yang diberikan kepada Daniel di pasal 8,  perhitungannya dimulai di zaman raja Persia bukan di zaman Babilon, karena itu di pasal 8, Babilon sudah tidak disebut lagi.

Tetapi supaya manusia tidak bingung, Tuhan dengan jelas menyatakan bahwa dua dari kerajaan setelah Babilon itu adalah Medo-Persia dan Yunani, jadi sudah tidak perlu diperdebatkan lagi. 

 

Sekarang kita lihat dulu Daniel pasal 8.

Daniel 8:1-8

1 Pada tahun yang ketiga pemerintahan raja Belsyazar suatu pengelihatan tampak kepadaku, yaitu kepadaku Daniel, setelah yang telah tampak kepadaku pada awalnya. 2 Dan aku melihat dalam penglihatan dan yang terjadi ketika aku melihat, bahwa aku berada di puri Susan, yang ada di wilayah Elam. Dan aku melihat dalam penglihatan dan aku sedang di tepi sungai Ulai. 3 Lalu aku mengangkat mataku dan melihat, tampaklah seekor domba jantan berdiri di depan sungai itu, yang punya dua tanduk, dan kedua tanduk itu tinggi, tetapi yang satu lebih tinggi daripada yang lain, dan yang lebih tinggi itu tumbuh belakangan. 4 Aku melihat domba jantan itu mendorong ke barat, ke utara, dan ke selatan, sehingga tidak ada seekor binatang pun yang tahan menghadapi dia, maupun tidak ada yang bisa selamat dari tangannya; tapi ia berbuat sekehendak hatinya dan menjadi besar. 5 Dan sementara aku memikirkannya, tampak seekor kambing jantan datang dari sebelah barat di atas permukaan seluruh bumi, dan tidak menyentuh tanah, dan kambing jantan itu mempunyai satu tanduk yang mencolok di antara kedua matanya. 6 Dan ia datang pada domba jantan yang punya dua tanduk yang kulihat sedang berdiri di depan sungai itu, dan berlari menabraknya dengan seluruh keganasan kekuatannya7Dan aku melihatnya mendekati domba jantan itu; dan ia dikuasai kegeraman terhadap domba jantan itu, dan ia menyerang domba jantan itu, dan mematahkan kedua tanduknya; dan domba jantan itu tidak berdaya menghadapi dia; tetapi kambing jantan itu menghempaskan domba jantan itu ke bumi, dan menginjak-injaknya, dan tidak ada yang bisa menyelamatkan domba jantan itu dari tangannya.

Ini penglihatannya.

Semuanya mudah dimengerti jadi kita lanjut.

 

Sebelum Daniel mendapat penjelasan penglihatannya tentang domba jantan dan kambing jantan itu, di ayat 13-14 dia mendengar percakapan yang aneh, yang tidak ada kaitannya dengan binatang-binatang yang dilihatnya. Nah, di ayat 15-18 dia mengisahkan pengalamannya saat mendapatkan penjelasan dari penglihatannya. Ini sangat menarik. Kita simak dulu. 

 

Daniel 8:15-16

8:15        “Dan terjadilah, ketika aku,  yaitu aku Daniel, telah melihat penglihatan  itu dan mencari artinya, maka tampak berdiri di depanku, seperti seorang laki-laki.

 

v   “penglihatan itu”

Dalam tulisan aslinya kata “penglihatan” di ayat ini adalah חזון [châzôn khaw-zone']

 

v   “mencari artinya”

Penglihatan mana yang artinya dicari Daniel? Seluruh penglihatan yang sudah diterima Daniel, mulai dai binatang-binatang, tanduk-tanduk, Tanduk Kecil, hingga pembicaraan yang didengarnya di ayat 13-14 sebelum ini.

Nah, jadi seluruh penglihatan yang diterima Daniel itu tulisan aslinya adalah חזון [châzôn khaw-zone'].  

 

v   “berdiri di depanku, seperti seorang laki-laki

Kita akan tahu bahwa ini adalah malaikat Gabriel.

 

 

8:16        dan aku mendengar suara seorang laki-laki dari antara tepi sungai Ulai,  memanggil, dan berkata, ‘Gabriel, buatlah orang ini memahami penglihatan itu!

 

v   suara seorang laki-laki dari antara tepi sungai Ulai

Nanti di pembahasan berikutnya kita akan tahu bahwa ini adalah suara Yesus.

 

v   “memahami penglihatan itu”

Nah, kata “penglihatan” di ayat ini tulisan aslinya מראה  [mar'eh mar-eh'].  Jadi beda dengan kata “penglihatan” di ayat 15 sebelumnya.

Nah, penglihatan מראה  [mar'eh mar-eh'] itu adalah satu bagian dari seluruh penglihatan yang diterima Daniel, yaitu bagian ayat 13-14 saja, atau yang nanti akan kita tahu berkaitan dengan Nubuatan 2300 Petang dan Pagi.  

Jadi, Daniel di ayat 15 ingin tahu tentang seluruh penglihatan חזון [châzôn khaw-zone'] yang didapatnya. Kita akan melihat bahwa Gabriel akan menjelaskan seluruh penglihatan itu, tentang binatang-binatang, tanduk-tanduk, Tanduk Kecil, tapi Tuhan khusus menyuruh Gabriel untuk menjelaskan penglihatan מראה  [mar'eh mar-eh'] yaitu yang di ayat 13-14. Tetapi ternyata penjelasan tentang ayat 13-14 ini baru akan kita jumpai di Daniel pasal 9.

 

 

8:17        Lalu datanglah ia ke dekat tempat aku berdiri, dan ketika ia datang, takutlah aku dan jatuh tertelungkup, tetapi ia berkata kepadaku, ‘Pahamilah, anak manusia, karena penglihatan itu mengenai akhir masa!’

 

v   “jatuh tertelungkup

Daniel saking takutnya dihampiri Gabriel, ia jatuh tertelungkup.

 

v   “penglihatan itu mengenai akhir masa

Ini perkataan Gabriel. Kata penglihatan di sini adalah חזון [châzôn khaw-zone']. Gabriel berkata bahwa seluruh penglihatan חזון [châzôn khaw-zone'] itu, adalah mengenai akhir masa. Tapi belum sempat bicara banyak, Daniel sudah pingsan.

 

 

8:18        Sekarang sementara ia berbicara dengan aku, aku tak sadar dengan kepala ke tanah; tetapi ia menyentuh aku dan menegakkan aku. 

 

v   “aku tak sadar”

Daniel pingsan. Tetapi kemudian Gabriel menyentuhnya dan membangunkannya karena Gabriel punya tugas menjelaskan penglihatan מראה [mar'eh mar-eh'] kepadanya.

  

 

Sekarang makna penglihatannya.

Tuhan dengan jelas menyebut identitas kerajaan kedua dan ketiga, jadi manusia sudah tidak tidak usah menebak-nebak lagi.

Daniel 8:19-22

19 Dan ia berkata,Lihat, aku akan memberitahu engkau apa yang akan terjadi pada bagian akhir masa kemarahan itu, karena akhir itu akan terjadi pada waktu yang telah ditentukan’ 20 Domba jantan yang kaulihat itu, yang punya dua tanduk, ialah raja-raja orang Media dan Persia. 21 Dan kambing jantan yang berbulu kesat itu ialah raja negeri Yunani, dan tanduk besar yang di antara kedua matanya itu ialah raja yang pertama.

 

Dari sejarah kita tahu bahwa Greeka menaklukkan Persia dan menggantikan kedudukannya sebagai kerajaan ketiga yang menguasai seluruh dunia pada waktu itu. Masih klop dengan sejarah kan nubuatan Tuhan ini?

 

 

Kerajaan kedua Medo-Persia yang dilambangkan oleh beruang (pasal 7) atau domba jantan (pasal 8) sudah ditaklukkan.

 

Sekarang kita kembali ke pasal 7, ke penglihatan Daniel tentang binatang ketiga, macan tutul, yang sudah dijelaskan Tuhan di pasal 8 sebagai kambing jantan, atau kerajaan Greeka/Yunani.

   

7:6          Setelah itu aku melihat, dan ternyata ada yang lain, seperti seekor macan tutul; yang pada punggungnya punya empat sayap burung; binatang itu juga punya empat kepala, dan kepadanya diberikan kekuasaan.

 

v   Binatang ketiga: “seekor macan tutul; yang pada punggungnya punya  empat sayap burung

Jika singa Babilonia hanya punya dua sayap, macan tutul ini punya empat. Tak diragukan lagi macan tutul ini pasti bisa “terbang” jauh lebih cepat. Kerajaan yang menguasai dunia pada saat itu yang “terbang” amat sangat cepat seperti yang kita ketahui adalah kerajaan Yunani [Greeka]. Di bawah Iskandar Zulkarnain (Alexander the Great) dalam waktu  kurang dari 12 tahun dia berhasil mempersatukan seluruh dunia kuno di bawah kekuasaannya.

 

Dari sejarah kita tahu bahwa Greeka menaklukkan Persia, dan kita semua mengenal raja Yunani/Greeka yang pertama, Iskandar Zulkarnaen atau Alexander the Great, yang sangat hebat itu. Dalam usia muda dia berhasil mencapai sukses yang luar biasa. Tetapi pada puncak kebesarannya, selagi masih gagah perkasa, pada usia kurang dari 33 tahun, dia mati karena demam, tanpa meninggalkan ahliwaris.

 

v   “punya empat kepala

Tuhan juga sudah mengatakan apa yang akan terjadi pada kerajaan ketiga ini. Setelah rajanya yang pertama mati tanpa ahliwaris, maka kerajaannya menjadi rebutan empat orang jenderalnya yang dilambangkan oleh 4 kepala.

Daniel 8:8, 22

8 Maka kambing jantan itu menjadi sangat besar, dan ketika ia kuat, tanduk yang besar itu patah, lalu di tempatnya tumbuh empat tanduk yang berarti, ke arah keempat mata angin di langit.

22 Setelah tanduk itu dipatahkan, di mana empat muncul di tempatnya, empat kerajaan akan muncul dari bangsa itu, tetapi tidak dalam kekuatannya.

 

Maka, kerajaan Greeka pun dibagi di antara ke 4 jenderalnya.

ü     Di Daniel pasal 7 dilambangkan oleh 4 kepala pada macan tutul itu.

ü     Dan di pasal 8, dilambangkan oleh 4 tanduk yang tumbuh setelah tanduk yang besar di antara mata kambing jantan itu patah.

Dan Tuhan berkata bahwa pembagian itu adalah ke arah keempat mata angin, artinya Utara-Selatan, Barat-Timur.

Apa kata sejarah? Setelah kematian Alexander the Great kerajaannya menjadi rebutan jenderal-jenderalnya, dan akhirnya terbagi menjadi 4 kekuasaan. Tentu saja kekuatan masing-masing kerajaan pecahan ini tidak bisa dibandingkan dengan masa kejayaannya sebagai satu kerajaan dulu di bawah Alexander the Great.

a)      Jenderal Cassander mengambil Macedonia dan daerah sebelah barat;

b)    Lysimachus mengambil Thrace, sebagian Asia di Hellespont, dan daerah Bosphorus di sebelah utara;

c)    Ptolemy mengambil Mesir, Lydia, Arabia, Palestina, dan Coele-Syria di selatan;

d)   Seleucus mengambil Syria dan seluruh daerah timur.

Pembagian ini selesai tahun 301 BC. Tetapi keempat kerajaan ini tidak pernah  menyamai kebesaran kerajaan Yunani di bawah Iskandar Zulkarnaen, sesuai kata Tuhan.

 

Menurut sejarah, kerajaan Yunani memerintah dari 331-168 BC, selama 163 tahun.

 

 

7:7          Setelah itu aku melihat dalam penglihatan malam itu, dan tampaklah seekor binatang yang keempat, menakutkan dan mengerikan, dan sangat kuat; dan ia punya gigi-gigi besar dari besi. Ia melahap dan meremukkan berkeping-keping, dan menginjak-injak sisanya dengan kakinya. Dan ia berbeda dari semua binatang yang lebih dahulu; dan ia punya sepuluh tanduk.

 

v   “binatang yang keempat

Tiga binatang sebelumnya, disebutkan kemiripan mereka dengan seekor binatang buas: singa, beruang, macan tutul. Tapi binatang keempat ini tidak disebutkan mirip dengan binatang mana pun di Daniel pasal 7 ini. Tetapi beberapa pakar Alkitab menyebutnya “binatang naga” karena Naga (Iblis/Setan) memberikan kuasa, kekuatan dan takhtanya kepadanya. Bagi mereka yang mempelajari kitab Wahyu, mereka akan mengerti ini.

 

v   “berbeda dari semua binatang yang lebih dahulu”

Ingat, ini nubuatan jadi bahasa yang dipakai adalah bahasa simbol. Yang dimaksud “binatang” di sini adalah raja/kerajaan, kekuasaan yang memerintah. Jadi kerajaan yang keempat ini beda dengan kerajaan-kerajaan sebelumnya. Simbol ketiga kerajaan sebelumnya masih punya kemiripan dengan binatang-binatang di dunia (singa, beruang, macan tutul). Tapi simbol kerajaan keempat ini tidak punya kemiripan dengan binatang-binatang di dunia.

 

v   “menakutkan dan mengerikan, dan sangat kuat; … melahap dan meremukkan berkeping-keping, dan menginjak-injak sisanya”

Segarang-garangnya kerajaan-kerajaan sebelumnya, kerajaan keempat ini jauh lebih kejam.

 

v   “ia punya sepuluh tanduk”

“Tanduk” juga melambangkan kekuasaan. Jadi dari binatang ini akan muncul 10 kerajaan. Pada suatu saat kerajaan ini akan jatuh dan pecah menjadi 10 kerajaan. Ini nanti juga akan dijelaskan di ayat-ayat selanjutnya.

 

 

7:8          Aku mempertimbangkan tanduk-tanduk itu, dan lihat, muncul di antara mereka sebuah tanduk lain yang kecil, yang sebelumnya tiga dari tanduk-tanduk yang pertama dicabut dengan akar-akarnya; dan lihat, pada tanduk ini ada mata-mata seperti mata-mata manusia, dan sebuah mulut yang mengucapkan hal-hal besar (sombong).

 

v   “sebuah tanduk lain yang kecil

Jadi dari antara 10 tanduk akan muncul tanduk lain yang kecil. Tanduk kecil ini tidak berasal dari salah satu ke-10 tanduk itu, tapi dia tumbuh di antara ke 10 tanduk, berarti ini tanduk ke-11. Angka 11 melambangkan sesuatu yang punya kuasa mental dan spiritual yang sangat tinggi.

 

v   “tiga dari tanduk-tanduk yang pertama dicabut dengan akar-akarnya

Supaya Tanduk Kecil ini bisa tumbuh, tiga tanduk yang lain harus dicabut dengan akar-akarnya. Artinya, tiga kerajaan dari 10 kerajaan itu harus disingkirkan supaya Tanduk Kecil ini bisa berkuasa. Sejarah mengatakan tiga kerajaan itu adalah Heruli, Vandal dan Ostrogoth, ini juga dijelaskan nanti di bagian akhir.

 

v   “mata-mata seperti mata-mata manusia

Jadi Tanduk Kecil ini punya dua mata seperti manusia. “Mata” menyimbolkan serba-tahu, tahu segala sesuatu, berarti agen-agennya banyak, tukang lapornya banyak, dia mengamati apa saja. Ada pepatah yang mengatakan, Informasi adalah senjata. Nah, Tanduk Kecil ini punya banyak sumber informasi karena itu kekuasaannya sangat kuat.

 

v   “sebuah mulut yang mengucapkan hal-hal besar (sombong)”

Sombong, suka membual, membesarkan diri. Kita akan melihat bahwa dia bahkan berani menempatkan dirinya sejajar dengan Allah, minta disembah sebagai Allah, memakai gelar Allah, melakukan apa yang hanya prerogatif Allah. Nah, ini sama dengan menghujat Allah. Nanti kita akan lihat contohnya di bawah.

 

 

Kemudian Daniel diberi penglihatan tentang penghakiman surgawi. Bahwa segala sesuatu itu akan dihakimi.

 

7:9          Aku melihat hingga takhta-takhta diturunkan, dan Yang Lanjut Usia pun duduk, yang pakaian-Nya putih seperti salju dan rambut di kepalaNya seperti bulu domba murni. Takhta-Nya seperti nyala api dengan roda-rodanya sepeti  api yang berkobar.

7:10        Suatu sungai api keluar dan mengalir dari hadapan-Nya; seribu kali beribu-ribu melayani Dia, dan selaksa kali berlaksa-laksa berdiri di hadapan-Nya. Majelis Pengadilan pun duduk, dan dibukalah Kitab-kitab.

 

v   “takhta-takhta diturunkan”

Berarti takhta-takhta ini digotong kemari dan diletakkan di tempatnya. Ini adalah ruang pengadilan di Surga.

 

v   “Yang Lanjut Usia pun duduk

Ini Allah Bapa. Kita bisa mengenalinya dari deskripsinya, dan deskripsi takhtaNya.

 

v   “Takhta-Nya seperti nyala api dengan roda-rodanya sepeti api yang berkobar

Semua “api” ini adalah malaikat-malaikat yang mengangkat takhta Allah.

 

v   “sungai api keluar dan mengalir dari hadapan-Nya

Ini sungai air hidup.

Wahyu 22:1

Dan ia menunjukkan kepadaku sebuah sungai air kehidupan yang murni,  jernih bagaikan kristal, mengalir keluar dari takhta Allah dan Sang Domba

 

v   “seribu kali beribu-ribu melayani Dia, dan selaksa kali berlaksa-laksa berdiri di hadapan-Nya

Malaikat-malaikat hadir di sana.

 

v   “Majelis Pengadilan pun duduk”

Pengadilan dimulai. Kapan ini terjadi? Nanti bila kita tiba di pembahasan nubuatan 2300 Petang dan Pagi kita akan tahu bahwa pengadilan atas mereka yang mengaku sebagai umat Allah itu dimulai pada hari Grafirat yang di tahun 1844 jatuh pada 22 Oktober.

 

v   “dibukalah Kitab-kitab

1.   Kitab Kehidupan (Book of Life)

Daftar nama mereka yang mengaku sebagai umat Allah. Ketika seseorang menerima Tuhan, namanya dicatat di Kitab Kehidupan.

Wahyu 20:15

Dan barangsiapa yang namanya tidak ditemukan tertulis di dalam Kitab Kehidupan itu, dilemparkan ke dalam lautan api itu.

 

2.   Kitab Pengingat (Book of Remembrance)

Yang mencatat segala perbuatan setiap manusia.

Maleakhi 3:16

Lalu orang-orang yang takut akan TUHAN berbicara satu sama lain, dan TUHAN mendengarkan dan mendengar mereka, maka sebuah Kitab Pengingat ditulis di hadapan-Nya bagi orang-orang yang takut akan TUHAN dan yang merenungkan nama-Nya.

 

Jika di Kitab Pengingat ditemukan ada dosa yang belum diakui, belum disesali, dan belum diampuni, maka nama orang itu dicoret dari Kitab Kehidupan dan dia kehilangan hak hidup kekalnya, dan akan binasa bersama orang-orang yang namanya tidak pernah ada di Kitab Kehidupan.

 

 

7:11        Aku melihat waktu itu, karena bunyi perkataan-perkataan besar (sombong) yang diucapkan tanduk itu; aku melihat, sampai Binatang itu dibunuh, dan tubuhnya dibinasakan dan diserahkan ke dalam nyala api.

 

v   “karena bunyi perkataan-perkataan besar (sombong) yang diucapkan tanduk itu”

Jadi Daniel tidak ditunjuki seluruh proses penghakiman semua orang yang mengaku sebagai umat Allah, tetapi hanya penghakiman si Tanduk Kecil ini. Berarti Tanduk Kecil ini tergolong yang mengaku sebagai umat Allah, karena hanya yang mengaku umat Allah yang dihakimi di pengadilan surgawi yang pertama ini. Jadi Tanduk Kecil ini bukan atheis, bukan dari agama lain, dia terdaftar sebagai Kristen karena namanya tercantum dalam Kitab Kehidupan.

Dan semua perkataan-perkataan besar (hujat)-nya itu sekarang dihakimi. Gara-gara itulah Tanduk Kecil, yang di sini juga disebut “Binatang, itu dibunuh”. Dengan namanya dicoret dari Kitab Kehidupan, maka vonnis kematian atas Tanduk Kecil sudah djatuhkan. Jadi ingat, Tanduk Kecil yang nanti mempersekusi umat Allah, dia sendiri mengaku sebagai umat Allah. Maka musuh orang Kristen, persekutor orang Kristen, justru datang dari yang mengaku Kristen.

 

v   “tubuhnya dibinasakan dan diserahkan ke dalam nyala api”

Berarti Tanduk Kecil ini akan binasa dibakar api neraka. Sebelum kepada Daniel diperlihatkan identitas Tanduk Kecil ini atau apa yang dilakukannya, lebih dulu Tuhan menunjukkan bahwa Tanduk Kecil ini akan binasa dalam api neraka, berarti dia bukan di pihak Allah, dia lawan Allah. Maka kalau kita tidak mau berakhir seperti Tanduk Kecil jangan ikut dia.

 

 

7:12        Akan halnya binatang-binatang yang lain, kekuasaan mereka diambil, namun hidup mereka diperpanjang untuk satu masa dan waktu.

 

v   “binatang-binatang yang lain”

Ini bicara tentang tiga binatang sebelumnya, yaitu singa (Babilon), beruang (Medo-Persia), dan macan tutul (Greeka/Yunani)

 

v   “kekuasaan mereka diambil”

Mereka punah satu demi satu.

 

v   “hidup mereka diperpanjang untuk satu masa dan waktu”

Mereka diberi kesempatan hidup selama masa dan waktu yang ditentukan. Tapi setelah waktu itu habis, ya mereka digantikan oleh yang berikutnya.

 

 

7:13        Aku melihat dalam penglihatan malam itu, dan tampak satu seperti Anak Manusia datang dengan awan-awan surgawi, dan menghampiri Yang Lanjut Usia, dan mereka membawaNya dekat ke hadapan-Nya.

7:14        Dan kepadaNya diberikan kekuasaan dan kemuliaan dan sebuah kerajaan supaya semua suku, bangsa, dan bahasa mengabdi kepadaNya. KekuasaanNya ialah kekuasaan yang kekal, yang tidak akan lenyap, dan kerajaannya ialah kerajaan yang tidak akan dihancurkan.

 

v   “satu seperti Anak Manusia datang dengan awan-awan surgawi

Jelas ini Yesus Kristus.

Awan-awan surgawi adalah para malaikat.

Ke mana Dia?

 

v   “menghampiri Yang Lanjut Usia

Ke Allah Bapa.

 

v   “mereka membawaNya dekat ke hadapan-Nya

“Mereka” adalah para malaikat, dan para malaikat menghantarkan Yesus ke hadapan takhta Allah Bapa. Untuk apa?

 

v   “kepadaNya diberikan kekuasaan dan kemuliaan dan sebuah kerajaan

Untuk menerima kekuasaan, kemuliaan, dan sebuah kerajaan dari BapaNya. Peristiwa apa ini? Selesainya penghakiman investigasi di Surga, pintu kasihan ditutup, dan inilah yang disebut Perkawinan Sang Domba. Istilah Yesus “menerima kerajaan” ungkapan lainnya ialah “perkawinan Sang Domba”. Nama-nama umatNya atau pengantinnya sudah ditetapkan melalui penghakiman investigasi, yaitu semua yang namanya terbukti layak dipertahankan tetap tercantum di Kitab Kehidupan, itulah sekarang gerejaNya, pengantinNya yang diterimaNya dari BapaNya.

 

v   “semua suku, bangsa, dan bahasa mengabdi kepadaNya

Ini penggenapannya nanti di dunia yang baru, setelah dosa, pencipta dosa, dan pembuat dosa semuanya sudah dilenyapkan, dan dunia ini diciptakan ulang punya langit baru dan bumi baru. Di sana nanti semua manusia yang ada, dari suku, bangsa maupun bahasa apa pun, adalah manusia-manusia yang mengasihi Allah, yang akan mengabdi kepadaNya. Tidak ada lagi yang memberontak atau melawan Allah.

 

v   “kekuasaan yang kekal

Tidak akan ada lagi percobaan perebutan kekuasaan dari Kristus. Semua makhluk hidup akan mengakui autoritas Yesus Kristus. Yesus punya kekuasaan yang kekal.

 

v   “kerajaan yang tidak akan dihancurkan

Berbeda dengan kerajaan-kerajaan duniawi yang tidak ada yang kekal, maka kerajaan Kristus itu kekal untuk selama-lamanya.

 

 

7:18            Tetapi orang-orang kudus milik Yang Mahatinggi akan mengambil kerajaan itu, dan akan memiliki kerajaan itu selamanya, yaitu untuk selama-lamanya.’

 

v   “orang-orang kudus milik Yang Mahatinggi

Inilah mereka semua yang diselamatkan, mereka yang namanya tetap dipertahankan di Kitab Kehidupan.  Mereka disebut “orang-orang kudus”, karena mereka telah dikuduskan Kristus. Menjadi kudus itu keharusan, itu buah iman, buah Roh. Banyak orang Kristen yang mengatakan manusia tidak mungkin bisa kudus. Tanpa bantuan Roh Tuhan memang tidak bisa, tetapi hidup yang dipimpin Roh Kudus, itu hidup yang kudus. Kudus artinya tidak berbuat dosa. Tidak berbuat dosa artinya tidak melanggar Hukum Allah.

1 Yohanes 3:4

Siapa yang berbuat dosa, juga melanggar Hukum Allah, sebab dosa ialah pelanggaran Hukum Allah.

 

Jadi kalau mau belajar kudus, ya belajar tidak melanggar Hukum Allah, belajar patuh kepada semua Hukum dan Ketetapan Allah.

Ibrani 12:14

Ikutilah berdamai dengan semua orang, dan kekudusan, tanpa itu tidak seorang pun akan melihat Tuhan.

 

v   “mengambil kerajaan itu, dan akan memiliki kerajaan itu

Kristus menerima kerajaan itu dari BapaNya, dan umatnya, orang-orang kudus Yang Mahatinggi akan mengambil dan memiliki kerajaan itu. Berarti apa yang milik Kristus menjadi milik umatNya juga.

 

v   “untuk selama-lamanya

Kekal, abadi, kita akan menjadi milik Kristus selama-lamanya.

 

 

7:19        Lalu aku mau tahu kebenaran tentang Binatang yang keempat itu, yang berbeda dari semua yang lain, yang sangat menakutkan, yang gigi-giginya dari besi, dan kuku-kukunya dari kuningan, yang melahap dan meremukkan berkeping-keping, dan menginjak-injak sisanya dengan kakinya

7:20        dan tentang kesepuluh tanduk yang ada di kepalanya, dan tentang tanduk yang lain yang muncul, dan yang mengakibatkan kejatuhan tiga lainnya, yakni tanduk yang mempunyai mata-mata dan sebuah mulut yang bicara hal-hal yang sangat besar (sombong), dan yang penampilannya lebih kuat daripada rekan-rekannya.

 

v   “kebenaran tentang Binatang yang keempat

Daniel sudah tahu tentang tiga binatang sebelumnya. Dia sendiri hidup di masa Binatang pertama (Babilon), dan Tuhan sudah memberitahunya siapa Binatang kedua dan ketiga. Yang menjadi kekhawatirannya adalah Binatang yang keempat ini, jadi dia mau tahu sesungguhnya Binatang yang keempat ini melambangkan apa?

 

v   Sekali lagi dia mengulangi deskripsi binatang itu:

1.   yang berbeda dari semua yang lain,

2.   yang sangat menakutkan,

3.   yang gigi-giginya dari besi,

4.   dan kuku-kukunya dari kuningan,

5.   yang melahap dan meremukkan berkeping-keping,

6.   dan menginjak-injak sisanya dengan kakinya

7.   kesepuluh tanduk yang ada di kepalanya,

8.   tanduk yang lain (ke-11) yang mengakibatkan kejatuhan tiga lainnya,

a.   yang mempunyai mata-mata

b.   dan sebuah mulut yang bicara hal-hal yang sangat besar (sombong),

c.   penampilannya lebih kuat daripada rekan-rekannya.

 

 

7:21        Aku melihat, dan tanduk yang sama itu berperang melawan orang-orang kudus dan mengalahkan mereka,

 

v   “tanduk yang sama itu berperang melawan orang-orang kudus dan mengalahkan mereka

Berarti ini bicara tentang tanduk ke-11, yang terahir disebutkan, Tanduk Kecil itu. Pasti Daniel sangat khawatir. Berarti umat Allah akan diperangi dan dikalahkan oleh Tanduk Kecil itu.

 

Tuhan memberikan informasi tambahan tentang Tanduk Kecil ini di Daniel 8.

9 Dan dari salah satu dari mereka muncul satu Tanduk Kecil yang tumbuh amat sangat besar ke arah selatan, ke arah timur, dan ke arah Tanah Permai. 10 Dan ia tumbuh besar, bahkan sampai kepada bala tentara langit; dan dia menjatuhkan beberapa dari bala tentara dan dari bintang-bintang ke tanah dan menginjak-injak mereka.

 

“Tanah Permai” ~ Kalau kita lihat kembali Daniel 8:4 dikatakan 4 Aku melihat domba jantan itu mendorong ke barat, ke utara, dan ke selatan”, tapi tidak ke “Tanah Permai”. Jadi kerajaan-kerajaan sebelumnya itu berperang secara horizontal, dengan sesama manusia. Tapi Tanduk Kecil ini, tidak hanya berperang secara horizontal (karena dia tumbuh besar ke arah selatan dan timur) tetapi dia juga menyerang “Tanah Permai.”

“Tanah Permai” adalah Yerusalem. Tetapi Yerusalem dan Bait Sucinya sebagai ikon tempat Tuhan di zaman Tanduk Kecil sudah lama hancur. Karena itu di sini adalah Yerusalem simbolis, yaitu umat Allah di mana pun mereka berada.

 

 

“bala tentara langit adalah semua umat Allah di bumi, tentara Kristus. Mengapa disebu “langit” padahal masih ada di bumi? Karena semua umat Allah adalah warganegara surga walaupun masih ada di bumi.

Begitu juga “bintang-bintang” adalah pemimpin-pemimpin agama di bumi, walaupun bintang-bintang ada di langit.

Jadi Tanduk Kecil ini berhasil menjatuhkan beberapa tentara Kristus dan pemimpin-pemimpin agama. Kita perlu berhati-hati supaya kita tidak menjadi korbannya juga.

 

 

7:22        sampai Yang Lanjut Usia datang, dan penghakiman diberikan kepada orang-orang kudus milik Yang Mahatinggi dan waktunya tiba bagi orang-orang kudus itu untuk memiliki kerajaan.

 

v   “sampai Yang Lanjut Usia datang

Setelah Tanduk Kecil ini memerangi umat Allah dan mengalahkan mereka, berikutnya yang dilihat Daniel adalah Allah Bapa datang. Allah Bapa datang ke mana?  Ke penghakiman.

Nah, kita harus tahu ada dua kali penghakiman:

a.   Penghakiman pertama itu penghakiman umat Allah.

Yaitu semua orang yang pernah mengaku sebagai umat Allah, yang namanya tercatat dalam Kitab Kehidupan Sang Domba. Penghakiman ini sedang terjadi sekarang, sejak 22 Oktober 1844 dan dilakukan oleh Kristus di hadapan Allah Bapa. Ini yang disebut penghakiman investigasi sebelum Kedatangan Kedua Kristus.

b.   Penghakiman kedua itu penghakiman mereka yang tidak selamat.

Yaitu semua orang yang tidak pernah mengaku sebagai umat Allah yang namanya tidak pernah dicatat di Kitab Kehidupan Sang Domba; tapi juga mereka yang dulu namanya pernah dicatat di Kitab Kehidupan tetapi kemudian di penghakiman pertama terbukti mereka masih punya dosa-dosa yang belum ditinggalkan dan belum disesali dan belum diampuni sehingga nama mereka dicoret dari Kitab Kehidupan, dan nama mereka dipindahkan masuk ke kelompok manusia yang tidak selamat yang dihakimi di masa Millenium atau masa 1’000 tahun oleh Kristus bersama semua umat tebusan.

 

v   “penghakiman diberikan kepada orang-orang kudus milik Yang Mahatinggi

Nah, berarti ayat ini bicara tentang penghakiman kedua, penghakiman yang dilakukan oleh orang-orang kudus selama Millenium, selama masa 1’000 tahun mereka hidup di Surga setelah Kedatangan Kedua Kristus. Di pembahasan kitab Wahyu di blog ini juga ada penjelasan tentang masa 1’000 tahun ini yang terjadi setelah Kedatangan Kedua Kristus menjemput umatNya ke Surga, jadi tidak dibahas lagi di sini.

Lukas 22:30

supaya kamu boleh  makan dan minum di mejaKu di dalam Kerajaan-Ku, dan duduk di atas takhta  menghakimi kedua belas suku Israel.

 

 

Sekarang kepada Daniel diberikan penjelasan tentang Binatang yang keempat. Kita baca di pasal 7 ini mulai ayat:

7:23        Demikianlah katanya, Binatang yang keempat ialah kerajaan yang keempat yang akan ada di bumi, yang akan berbeda dari semua kerajaan, dan akan melahap habis seluruh bumi, dan akan menginjak-injaknya dan meremukkannya berkeping-keping.

 

v   “Binatang yang keempat ialah kerajaan yang keempat”

Binatang yang tidak disebut mirip binatang apa itu, binatang yang mengerikan dan menakutkan, yang tidak mirip binatang apa pun di dunia. Dia adalah kerajaan keempat, berarti dia harus muncul setelah kerajaan Greeka. Sejarah mengatakan, kerajaan yang menguasai dunia yang muncul setelah Greeka adalah kerajaan Roma. Ini tahap pertama dari Binatang keempat itu.

 

v   “berbeda dari semua kerajaan”

Kerajaan Roma terkenal kejam dan tidak ada ampun dalam membasmi musuhnya. Di ayat 19 sudah dikatakan dia “sangat menakutkan”, diibaratkan punya “gigi-gigi dari besi” jadi kalau ngremusss musuhnya langsung hancur.

 

v   “melahap habis seluruh bumi”

Tidak main-main, jangkauannya seluruh bumi [=seluruh bumi yang dikenal pada waktu itu]. Setelah si macan tutul [kerajaan Yunani], hanya ada satu kerajaan yang menguasai [menelan] seluruh bumi, dan yang memerintah dengan tangan besi, yang melahap dan meremukkan.

 

v   “menginjak-injaknya dan meremukkannya berkeping-keping”

Sisanya pun diinjak-injak dengan kakinya yang berkuku kuningan, jadi ya pasti tercabik-cabik semua. Dia tidak akan membiarkan ada yang lolos.

Sejarah mencatat betapa hebat dan ganasnya tentara Roma dalam menaklukkan musuh-musuhnya dan betapa luasnya daerah yang ditaklukkannya.

 

 

7:24        Dan kesepuluh tanduk yang muncul dari kerajaan ini ialah sepuluh raja yang akan bangkit. Dan sesudah mereka akan muncul raja yang lain; dan dia akan berbeda dari yang pertama, dan dia akan menaklukkan tiga raja.

 

v   “kesepuluh tanduk yang muncul dari kerajaan ini ialah sepuluh raja yang akan bangkit”

Sama dengan ke10 jari kaki patung Nebukadnezzar yang sudah dibahas di pasal 2. Sejarah juga membuktikan bahwa Roma kemudian pecah dan terbagi menjadi 10 kerajaan:

1.   Suevi,                6. Visigoth,

2.   Vandal,              7. Anglo-saxon,

3.   Franks,              8. Alamanny,

4.   Burgundi,           9. Heruli,

5.   Ostrogoth         10. Lombard.

 

Jadi ini tahap kedua dari Binatang keempat itu. Tahap pertama kekaisaran Roma. Tahap keduanya kekaisaran Roma setelah pecah menjadi 10 kerajaan.

 

v   “sesudah mereka akan muncul raja yang lain”

Artinya sesudah ke-10 kerajaan itu, jadi ini bicara tentang Tanduk Kecil yang muncul dari antara ke-10 tanduk di kepala binatang keempat, kan?

Nah, ini tahap ketiga dari Binatang keempat itu.

 

v   “dia akan berbeda dari yang pertama”

Tanduk Kecil itu akan berbeda dengan raja yang pertama, maksudnya Roma pada tahapnya yang pertama, ketika Roma dipimpin oleh kaisar-kaisarnya. Di mana bedanya?

ü   Karena Roma di tahapnya yang pertama, hanya berperang dengan sesama manusia.

Tetapi Tanduk Kecil ini nanti akan kita lihat, dia berani melawan Allah. Di ayat 21 dikatakan bahwa dia akan berperang melawan orang-orang kudus Yang Mahatinggi. Dengan kata lain, dia melawan Yang Mahatinggi melalui umatNya. Jadi dia mencari musuh bukan hanya dengan sesama manusia, tapi dia juga mencari musuh dengan Allah. Dia bukan hanya ingin merebut wilayah literal bangsa-bangsa lain, tetapi dia juga mau merebut wilayah Allah, kekuasaanNya atas alam semesta

ü   Selain itu kaisar-kaisar Roma adalah raja-raja sekuler, raja-raja sipil, raja-raja yang hanya mengurusi politik.  

Tanduk Kecil ini selain menjadi raja politik, dia juga mengangkat dirinya menjadi raja spiritual, ngurusi agama, ngurusi kerohanian. Dia mengaku sebagai wakil Allah di bumi.

ü   Dia punya mata manusia, dia punya mulut manusia, walaupun dia binatang,

berarti dia punya kemampuan di atas kelas binatang yang lain, dengan kata lain kecerdikannya di atas kelas kerajaan-kerajaan yang ada di dunia.

 

v   “dia akan menaklukkan tiga raja

Sejarah membuktikan bahwa tiga kerajaan eks pecahan kerajaan Roma kuno, yaitu: Kerajaan Heruli, Vandal dan Ostrogoth,  lenyap dari muka bumi. Di rangkuman nanti ada keterangan lebih banyak tentang ini.

 

 

7:25        Dan ia akan mengucapkan kata-kata besar (sombong) menentang Yang Mahatinggi, dan akan mempersekusi orang-orang kudus milik Yang Mahatinggi, dan akan berniat (berpikir) untuk mengubah waktu-waktu dan hukum-hukum, dan mereka (orang-orang kudus) akan diserahkan ke dalam tangannya selama satu masa, masa-masa (= dua masa), dan setengah masa.

 

v   “mengucapkan kata-kata besar (sombong) menentang Yang Mahatinggi

Artinya dia akan menghujat Allah. Bagaimana orang menghujat Allah? Ada dua tindakan yang dinilai sebagai menghujat Allah, yaitu:

a)   sebagai manusia mengaku sebagai Allah atau setara dengan Allah,

b)   sebagai manusia mengaku memiliki kuasa yang hanya dimiliki Allah.

Nanti akan dibahas dalam rangkuman.

Ini adalah ciri khas Tanduk Kecil. Jika kita mempelajari tulisan-tulisan Yohanes, kitab Wahyu, tulisan-tulisan Paulus, kita akan melihat bahwa Tanduk Kecil ini punya banyak sebutan, tapi ciri khas yang menandai semua sebutan tersebut ialah dia menghujat Allah.

 

v   “mempersekusi orang-orang kudus milik Yang Mahatinggi

Dia membenci umat Allah yang patuh pada Allah, karena itu dia mempersekusi mereka. Dan Allah mengizinkan. Kita nanti akan tahu bahwa Tanduk Kecil ini diberi dua kesempatan mempersekusi umat Allah:

a)   Selama 1260 tahun utamanya di Eropa, dari 538-1798

b)   Nanti menjelang akhir penghakiman umat Allah, di seluruh dunia (global)

 

v   “berniat (berpikir) untuk mengubah waktu-waktu dan Hukum-hukum

Ada banyak waktu yang telah diubahnya.

1)   Pergantian hari,

yang Tuhan ajarkan terjadi saat matahari terbenam itu dipindahkan ke tengah malam pukul 24:00, saat tidak tampak tandanya di langit dan manusia lagi tertidur lelap. Dengan pergantian ini menimbulkan masalah dalam perhitungan hari Sabat.

2)   Waktu nubuatan Allah,

yang menurut konsep Tuhan semua terbukti klop dengan sejarah, diganti oleh Tanduk Kecil ini melalui karangan kelompok Jesuitnya.

Jesuit Luis de Alcasar (1554-1613) menciptakan metode Preteris, yang mengatakan Tanduk Kecil/Antikristus sudah lama datang, yaitu Antiochus Epiphanes;

Jesuit Francisco Ribera (1537-1591) menciptakan metode Futuris, yang mengatakan Tanduk Kecil/Antikristus belum datang, dan nanti baru akan datang setelah gereja Tuhan diangkat secara rahasia ke Surga.

Jadi manusia tinggal memilih, mau percaya yang Preteris boleh, mau percaya yang Futuris boleh. Kedua-duanya adalah penyesatan supaya manusia tidak tahu identitas sesungguhnya dari Tanduk Kecil.

 

Hukum pun diubahnya. Hukum siapa? Hukum Allah!

1)   Perintah ke-2 dari 10 Perintah Allah dilenyapkan.

Yang tercantum dalam 10 Perintah Allah, yaitu larangan membuat patung, sujud kepada patung, menyembah patung, itu dihapus dari ajaran mereka dan kebiasaan tersebut malah dijalankan dalam semua ibadahnya, seperti agama-agama pagan yang memuja patung dewa-dewa. Tanduk Kecil menggantinya dengan patung orang-orang yang mereka anggap suci (Kepausan dikatakan punya hak menetapkan seorang menjadi suci dan layak disembah).

2)   Perintah ke-9 yang asli dibagi dua

karena Perintah ke-2 dihapus, maka supaya jumlahnya tetap 10, perintah ke-9 dibagi dua.

3)   Perintah ke-4 (yang karena Perintah ke-2 dihapus maka dia menjadi Perintah ke-3)

untuk mengingat dan menguduskan Sabat Hari Ketujuh, diganti dengan menjadikan hari Minggu sebagai hari Sabat, padahal hari Minggu adalah hari pertama, dan Perintah Tuhan jelas mengatakan bahwa Sabat itu hari ketujuh.

 

v   “orang-orang kudus akan diserahkan ke dalam tangannya selama satu masa, masa-masa (= dua masa), dan setengah masa

Ini bicara tentang masa persekusi yang pertama.

Jadi Tanduk Kecil ini diizinkan mempersekusi umat Allah selama 1260 tahun dari 538-1798. 

 

1 masa = 1 tahun =360 hari [nubuatan]   )   1 masa nubuatan =

1 hari nubuatan = 1 tahun literal            )    360 tahun literal

 

1 masa + 2 masa + ½ masa nubuatan     =    360 th + 720 th + 180 th 

Total 3½ masa                                      =    total   1260 tahun kita.

 


Kita lihat informasi paralelnya di Daniel 8:25, masih bicara tentang Tanduk Kecil.

Dan melalui strateginya,  ia juga akan mengakibatkan tipu muslihat berkembang makmur di tangannya;  dan ia akan meninggikan dirinya dalam hatinya, dan melalui damai  ia akan membinasakan banyak orang; ia juga akan menantang Pangeran segala pangeran; tetapi ia akan dipatahkan tanpa tangan manusia.

 

Lihat, jadi Tanduk Kecil ini punya strategi, akal bulusnya banyak, tipu muslihat berkembang makmur di tangannya, ia akan meninggikan dirinya, dengan cara damai ia membinasakan banyak orang (artinya bukan dalam peperangan, tapi dengan penindasan), ia juga menantang Kristus, tetapi akhirnya ia akan dibinasakan sendiri oleh Tuhan. Dia tidak akan dikalahkan manusia, tapi dia akan dimusnahkan Tuhan. Jadi sama penjelasan yang diberikan kepada Daniel di pasal 7 dan di pasal 8 dua tahun kemudian.

 

 

7:26        Tetapi Majelis Pengadilan akan duduk dan mereka akan mengambil darinya kekuasaannya, dan untuk memusnahkan dan menghancurkannya pada akhirnya.

 

v   “Majelis Pengadilan akan duduk

Tuhan memastikan bahwa Tanduk Kecil ini akan dihakimi oleh penghakiman Allah.

 

v   “mereka akan mengambil darinya kekuasaannya

“Mereka” adalah Majelis Pengadilan Surgawi.

Kapan kekuasaannya akan diambil? Pada waktu turun Tujuh Malapetaka Terakhir setelah pintu pertobatan atau pintu kasihan menutup. Tanduk Kecil ini akan dilucuti habis-habisan. Pada waktu itu Tuhan akan memberinya ganjaran dua kali lipat dari apa yang telah dilakukannya kepada umat Tuhan.

Wahyu 18:6-7

6 Berikanlah ganjaran yang sama seperti yang telah dia berikan kepadamu, dan gandakanlah kepadanya dua kali lipat sesuai perbuatannya, di dalam cawan yang telah diisinya, isikan baginya dua kali lipat. 7 Seberapa banyak dia telah memuliakan dirinya sendiri, dan hidup dalam kenikmatan, berikan kepadanya sebanyak itulah siksaan dan kesedihan. Sebab ia berkata di dalam hatinya: ‘Aku bertakhta seperti ratu, dan aku bukan janda, dan tidak akan mengalami kesedihan.’


v   “untuk memusnahkan dan menghancurkannya pada akhirnya”

Jadi akhirnya nasibnya adalah binasa.

Untuk apa Tuhan memberikan pesan ini kepada kita? Supaya kita tahu bahwa Tanduk Kecil ini tidak berdiri di kelompok Tuhan, dengan demikian jika kita ada di dalamnya, sebaiknya kita cepat-cepat keluar supaya kita tidak ikut kena hukumannya.

 

 

7:27        Dan kerajaan dan kekuasaan dan kebesaran kerajaan di bawah semesta langit akan diberikan kepada umat, kepada orang-orang kudus Yang Mahatinggi, yang kerajaanNya adalah kerajaan yang kekal, dan segala kekuasaan akan mengabdi dan mematuhi Dia.

 

v   “kerajaan dan kekuasaan dan kebesaran kerajaan di bawah semesta langit akan diberikan kepada umat, kepada orang-orang kudus Yang Mahatinggi, yang kerajaanNya adalah kerajaan yang kekal

Ini bicara tentang masa langit baru dan bumi baru, ketika umat Allah sudah mewarisi bumi dan hidup kekal dengan aman dan sejahtera di kerajaan yang kekal.

 

v   “segala kekuasaan akan mengabdi dan mematuhi Dia

Semua akan tunduk dan patuh kepada Kristus, karena Dialah yang telah menebus bumi ini. Kerajaan ini telah diberikan Bapa kepada Kristus.

 

 

7:28        Sampai di sinilah akhir hal itu. Ada pun aku, Daniel, pikiran-pikiranku sangat menggelisahkan aku, dan airmukaku berubah, tetapi aku menyimpan hal itu dalam hatiku.

 

v   “pikiran-pikiranku sangat menggelisahkan aku”

Daniel punya empati untuk umat Allah, dia merasa sedih karena masa depan mereka penuh dengan masalah. Dan dia terutama mengkhawatirkan Tanduk Kecil ini. Tetapi dia diam saja, dia tidak curhat kepada siapa pun, “aku menyimpan hal itu dalam hatiku”. Dua tahun kemudian barulah Tuhan membuka lebih banyak rahasia itu kepada Daniel. Kita kalau berdoa pada Tuhan minta diberi jawaban langsung. Itu kita lho yang berkepentingan. Di sini Daniel yang diberi penglihatan oleh Tuhan, harus bersabar, tidak segera diberi penjelasannya, malah masih menunggu dua tahun. Untung dia tidak lupa apa yang telah dilihatnya.

 

 

Sebelum melanjutkan pembahasan nubuatan ini, aku mohon maaf apabila pengungkapan nubuatan ini menyinggung perasaan teman-teman yang beragama Katolik. Tidak ada niatan sama sekali untuk menyakiti atau menyinggung perasaan siapa pun. Kita di sini hanya membahas apa yang ditulis di Alkitab dan mencocokkannya dengan sejarah. Tujuan kita membahas hal-hal ini adalah untuk menemukan kebenaran yang sudah diwariskan Tuhan kepada kita. Tuhan memiliki banyak umatNya di dalam gereja Katolik. Mereka tidak tahu apa yang terjadi. Karena itu Tuhan menyediakan segala macam cara untuk menyampaikan kebenaran kepada mereka dan memanggil mereka untuk keluar.

 

Kita rangkum apa yang telah kita pelajari di atas:


 

MEMPERKENALKAN  SI  TANDUK  KECIL


 

1.              Binatang keempat adalah Kekaisaran Roma yang menguasai dunia setelah kerajaan Greeka/Yunani.

Ini adalah tahap pertama dari Binatang keempat itu.

Di dekade terakhir dari eksistensinya, bangsa-bangsa barbar dari utara sering menyerbu wilayah kerajaan Roma. Kerajaan Roma melemah, dan kehilangan wilayahnya satu per satu. Pada tahun 476 Roma Barat tamat riwayatnya, dan di bekas wilayah kekaisaran Roma yang lama muncul 10 kerajaan (10 tanduk). Karena ke-10 kerajaan ini berdiri di wilayah Roma, maka mereka dianggap masih bagian dari Binatang keempat (Roma) itu. Ini adalah tahap kedua dari Binatang keempat itu.

 

2.              Lalu dari antara 10 kerajaan [10 tanduk] itu muncul satu kerajaan [sebuah tanduk yang kecil], yang berbeda.  

Kepalanya bukanlah seorang raja atau presiden, melainkan seorang “wakil Tuhan”! Inilah Kepausan Roma. Dan sejarah membuktikan satu-satunya kerajaan yang dipimpin seorang “wakil Tuhan” dari bekas wilayah kekaisaran Roma adalah Kepausan Roma. Ini adalah tahap ketiga dari Binatang keempat itu.

 

3.              Kalau kerajaan-kerajaan sebelumnya selalu dijatuhkan oleh kerajaan berikutnya yang menggantikannya,

maka Tanduk Kecil ini tidak akan dijatuhkan oleh kerajaan atau pemerintahan mana pun, dia harus eksis terus sampai Majelis Pengadilan akan duduk dan mereka akan mengambil darinya kekuasaannya, dan untuk memusnahkan dan menghancurkannya” (Daniel 7:26), dan “binatang itu dibunuh, dan tubuhnya dibinasakan dan diserahkan ke dalam nyala api”  (Daniel 7:11). Jelas yang dikatakan di sini adalah hari kiamat.

Jadi Tanduk Kecil ini akan eksis terus di dunia hingga Kedatangan Kristus yang kedua. Dia tidak akan dikalahkan atau disingkirkan oleh siapa pun, selain nanti oleh Tuhan sendiri.

 

4.              Di ayat 8 dikatakan, “muncul di antara mereka sebuah tanduk lain yang kecil, yang sebelumnya tiga dari tanduk-tanduk yang pertama dicabut dengan akar-akarnya

ini diulangi di ayat 24, akan muncul raja yang lain; dan dia akan berbeda dari yang pertama, dan dia akan menaklukkan tiga raja

Sejarah membuktikan bahwa tiga kerajaan eks pecahan kerajaan Roma kuno, yaitu: Kerajaan Heruli, Vandal dan Ostrogoth,  lenyap dari muka bumi. Dan siapa yang melenyapkan? Sejarah mencatat Kepausan Roma! Kerajaan Heruli pada tahun 493 AD (dari peninsula Itali lewat intrik dan pengkhianatan), Kerajaan Vandal tahun 534 AD (dari Afrika oleh Justinian), dan Ostrogoth tahun 553 AD (dari Roma oleh Belisarius, jendral Justinian). Ketiga kerajaan tersebut dituduh memegang faham Arianisme, yang dianggap memusuhi Kepausan, karena itu mereka dilenyapkan supaya Kepausan bisa berdiri dengan kokoh tanpa penentang.

 

5.              Tanduk kecil  [raja yang berbeda ini] yang dilihat Daniel ini, punya mata, dan mulut yang mengucapkan kata-kata yang menyombong, yang menentang Yang Mahatinggi. Ini nmanya menghujat.

Sejarah kembali membuktikan bahwa Kepausan berani menentang Allah yang Mahatinggi dengan segala hujatannya.

a)    Dia mengaku sebagai Wakil Kristus, Wakil Anak Allah,

dia memakai gelar VICARIUS FILII DEI dan VICARIUS CHRISTI, menyamakan kedudukannya dengan Allah. Padahal kata Kristus yang menggantikan DiriNya di dunia adalah Roh Kudus, bukan manusia fana.

Yohanes 14:16-18, 26

16 Dan Aku akan minta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepadamu Penghibur yang lain, supaya Ia  boleh tinggal bersamamu selama-lamanya.17 Yaitu Roh Kebenaran, yang tidak dapat diterima oleh dunia, sebab dunia tidak melihat Dia maupun mengenal Dia. Tetapi kamu mengenal Dia, karena Dia tinggal bersamamu dan akan ada di dalammu. 18 Aku tidak akan meninggalkan kamu anak yatim. Aku akan datang kepadamu 26 tetapi Penghibur itu, yaitu Roh Kudus, yang akan dikirim oleh Bapa dalam nama-Ku, Dialah yang akan mengajarkan segala sesuatu kepadamu, dan akan mengingatkan kamu akan semuanya, apa pun yang telah Kukatakan kepadamu.

 

b)    Dia mengaku berhak mengampuni dosa yang hanya hak Allah.

Umat yang berdosa datang untuk mengaku dosa kepada imam/romo, bukan kepada Tuhan. Dan imam itu berkata “ego te absolvo” (= aku mengampuni engkau). Jadi imam itu mengangkat dirinya setara dengan Allah berhak memberikan pengampunan dari dirinya sendiri. Dia bukan berkata “Allah mengampuni engkau” tapi “Ego = aku mengampuni engkau”.

 

c)     Dia mengaku bisa memanggil Kristus turun dari Surga,

untuk masuk ke dalam hosti yang katanya adalah benar-benar tubuh Kristus; dan ke dalam anggur yang katanya benar-benar darah Kristus; dengan demikian dia membuat umatnya menjadi kanibal dan vampir karena makan daging manusia dan minum darah manusia. Jadi sesering gereja mengadakan misa, maka sesering itu pula Kristus dikurbankan lagi dan lagi, berulang-ulang. Padahal Alkitab mengajarkan bahwa Kristus dikurbankan satu kali untuk semua, bukan dikurbankan berulang-ulang sesering imam mengadakan misa.

Ibrani 9:27-28

27 Dan sebagaimana telah ditetapkan bagi manusia untuk mati satu kali, tetapi sesudah itu penghakiman, 28 demikian pula Kristus satu kali dipersembahkan untuk menanggung dosa banyak orang; dan kepada mereka yang menantikan Dia,  Ia akan menyatakan Diri-Nya untuk kedua kalinya, tanpa dosa untuk keselamatan.

 

d)    Dia menerima sebutan Holy Father atau Bapa Suci,

padahal Kristus melarang kita menyebut siapa pun “Bapa” selain Allah Bapa yang di Surga.

Matius 23:9

Dan janganlah kamu menyebut siapa pun bapakmu di bumi ini, karena hanya satu Bapamu, yang ada di sorga.

 

e)    Dia duduk di atas takhta putih diapit oleh dua patung kerub, meniru takhta Allah.

 



Wahyu 20:11

Dan aku melihat sebuah takhta putih yang besar dan Dia yang duduk di atasnya, yang dari wajahNya bumi dan langit lenyao dan tidak ditemukan lagi tempat bagi mereka

 

f)     Dia mengaku dia infalibel (tidak bisa berbuat salah) bila dia bicara ex-katedra,

padahal Tuhan berkata semua orang telah berbuat dosa.

Roma 3:23

karena semua orang telah berbuat dosa dan gagal mencapai  kemuliaan Allah

 

g)     Merebut kedudukan Kristus sebagai Imam Besar di Surga,

juga pekerjaan Kristus di Bait Suci di Surga digantinya dengan “misa” di bumi. Lihat keterangan tambahan yang diberikan kepada Daniel:

Daniel 8:11

Ya, dia (= Tanduk Kecil) meninggikan dirinya sendiri bahkan sampai ke Pangeran bala tentara, dan olehnya yang sehari-hari disingkirkan, dan tempat Bait Suci dicampakkan ke bawah.

 

Tanduk Kecil ini berani menyejajarkan dirinya dengan Pangeran bala tentara”, yaitu Yesus Kristus. Apa ini bukan hujat yang luar biasa? Manusia berani menyamakan dirinya dengan Allah!

 

Dan “yang sehari-hari” yaitu semua pekerjaan pelayanan Kristus di Bait Suci setiap hari, dia singkirkan, artinya disembunyikan, tidak diajarkan supaya tidak ada yang tahu.

 

Dan “tempat Bait Suci dicampakkan ke bawah”. Bait Suci sekarang hanya ada di Surga, di bumi tidak ada lagi, karena Imam Besar yang bertugas di Bait Suci ada di Surga. Jadi di bumi sudah tidak ada altar/mezbah lagi, tidak ada kurban lagi. Tetapi Tanduk Kecil ini mencampakkan tempat atau lokasi Bait Suci yang ada di Surga ke bawah, ke bumi, sehingga umatnya tidak fokus kepada Bait Suci yang di Surga dan kepada pekerjaan Imam Besar yang di Surga, melainkan fokus kepada “misa” dan segala upacara bait suci yang palsu di bumi yang dilakukan oleh imam-imam manusia. Berapa orang Kristen (Katolik dan Protestan) yang sadar bahwa sekarang Yesus adalah Imam Besar di Bait Suci Surgawi sedang menjadi perantara dan hakim mereka? Bahwa mereka bisa langsung datang ke takhta kasih karuniaNya membawa segala permohonan doa mereka tanpa melalui orang lain baik yang hidup maupun yang mati?  Nyaris tidak ada karena tidak pernah diajarkan! Yesus bukan lagi duduk ongkang-ongkang di Surga sekarang. Yesus masih sedang merampungkan proses penyelamatan manusia. Yesus masih terlibat dalam mempersiapkan kerajaanNya, tapi banyak yang mengaku umatNya tidak tahu, malah fokus kepada segala upacara yang sudah tidak ada maknanya di dunia. Ini penyesatan. Bagaimana manusia bisa mendapatkan pengampunan dosa kalau tidak tahu harus datang mohon pengampunan kepada siapa?

 

Daniel 8:12

Dan suatu bala tentara diberikan kepadanya untuk melawan yang sehari-hari melalui pelanggaran, dan ia mencampakkan kebenaran ke bumi; dan ia beroperasi dan makmur.

yang sehari-hariadalah pekerjaan pelayanan Yesus di Bait Suci Surgawi setiap hari sebagai Imam Besar. Dan Tanduk Kecil melawan itu, sengaja melanggar ajaran tersebut, dengan mengadakan pekerjaan imamat palsu di bumi.

 

Dia bisa melakukan ini karena “suatu bala tentara diberikan kepadanyajadi dia punya pasukan, pasukan siapa? Anak buah Lucifer, roh-roh jahat yang juga telah memberontak kepada Tuhan. Kalau kita lihat di Wahyu 13:2, kita akan tahu bahwa naga itu memberikan kepadanya (kepada Binatang itu = Tanduk Kecil itu) kekuatannya, dan takhtanya dan kekuasaannya yang besardan di Wahyu 20:2 kita tahu bahwa naga itu, si ular tua yaitu si Iblis dan Satan”.  

 

Dan dikatakan bahwa Tanduk Kecil itu “mencampakkan kebenaran ke bumi”, kebenaran yang hanya ada di Surga, dipindahkan ke bumi, menjadi bukan lagi kebenaran tetapi kepalsuan.

 

Nah, perhatikan kalimat terakhir ayat ini, “ia beroperasi dan makmur”.  Dia memang diberi kesempatan selama 1260 tahun untuk beroperasi dan makmur. Tapi kemudian dia mati suri, dan nanti akan hidup kembali menjelang hari-hari terakhir penghakiman.

 

6.              Si Tanduk Kecil ini menurut Alkitab juga akan mengubah waktu dan Hukum. Ini sudah kita bahas di atas. Silakan dibaca lagi.

 

7.              Tanduk Kecil ini juga akan menganiaya orang-orang suci milik Tuhan.

Sejarah mencatat hanya satu pemerintahan dunia yang terbanyak membunuh orang-orang berdasarkan alasan agama, yang dituduh sesat dan tidak tunduk kepada ajarannya, bukan dalam peperangan. Selama abad pertengahan yang dikenal sebagai the Dark Ages, Kepausan Roma telah melancarkan penganiayaan dan pembantaian terhadap mereka yang dituduh sesat. Di antaranya yang terjadi selama  Inkuisisi.  Wikipedia mencatat korban sampai 9 juta; penumpasan orang Waldensia dan Albigensia (tahun 1208) yang membinasakan sekitar 1 juta manusia. Dengan berdirinya ordo Jesuit, dari tahun 1540-1580 sekitar 900 ribu orang dibunuh. Belum lagi lebih dari 50 ribu orang Protestan yang digantung, dipancung, dibakar, dan dikuburkan hidup-hidup selama pemerintahan Charles V pada abad ke-16, dan masih banyak penganiayaan yang lain.

 

8.              umat Allah (orang-orang kudus Yang Mahatinggi) akan diserahkan ke dalam tangannya selama satu masa dan dua masa dan setengah masa.

Nubuatan ini nanti berkaitan dengan yang tertulis di Wahyu yang ada pembahasannya sendiri di blog ini.

1 Masa = 1 tahun

Alkitab mengatakan dalam nubuatan, 1 hari nubuatan artinya 1 tahun literal. Kita lihat di ayat-ayat di bawah ini:

Yehezkiel 4:6

Dan bilamana engkau sudah menyelesaikan mereka,  berbaringlah kembali pada sisi kananmu, dan engkau akan menanggung dosa kaum Yehuda empat puluh hari: Aku telah menentukan bagimu satu hari untuk satu tahun.

 

Bilangan 14:34

Sesuai dengan jumlah hari kamu mengintai negeri itu, yakni empat puluh hari, satu hari dihitung satu tahun, kamu harus menanggung dosa-dosamu, yaitu empat puluh tahun, dan kamu akan tahu rasanya, jika Aku mengingkari janjiKu. 

 

1 masa = 1 tahun =360 hari [nubuatan]   )   1 masa nubuatan =

1 hari nubuatan = 1 tahun literal            )    360 tahun literal

 

1 masa + 2 masa + ½ masa nubuatan     =    360 th + 720 th + 180 th 

Total 3½ masa                                      =    total   1260 tahun kita.

 

Jadi Tuhan mengatakan, si Tanduk Kecil ini akan diizinkan menganiaya orang-orang kudus milik Yang Mahatinggi selama 1260 tahun lamanya. Masa 1260 tahun ini ditemukan juga di dalam kitab Wahyu.

 

 

Menurut Daniel pasal 7 Tanduk Kecil ini:

ü   muncul dari antara 10 kerajaan eks kekaisaran Romawi kuno,

ü   berbeda dengan raja-raja yang dahulu,

ü   menaklukkan tiga raja,

ü   mengucapkan perkataan yang menentang (menghujat) Yang Mahatinggi,

ü   mempersekusi orang-orang kudus milik Yang Mahatinggi,

ü   berpikir untuk mengubah waktu-waktu dan Hukum-hukum,

ü   umat Allah, orang-orang kudus Yang Mahatinggi akan diserahkan ke dalam tangannya selama satu masa dan dua masa dan setengah masa = 1260 tahun. Ini akan dibahas di bagian akhir tulisan ini.

 

Menurut Daniel pasal 8 Tanduk Kecil ini:

ü    menjadi sangat besar, berekspansi ke arah selatan, ke arah timur dan ke arah Tanah Permai.

Tanah Permai ini adalah Yerusalem, tetapi di zaman Tanduk Kecil, Yerusalem dan Bait Sucinya sudah hancur. Jadi yang dimaksud di sini adalah simbolis. Yerusalem simbolis adalah umat Allah di mana pun mereka berada.

ü    Ia menjadi besar bahkan sampai ke bala tentara langit,

ia menjatuhkan beberapa bala tentara, dan bintang-bintang, yang diinjak-injaknya. Kita sudah tahu bala tentera langit di sini adalah umat Allah di dunia, tentara Kristus di dunia. Mengapa dikatakan “bala tentara langit”? Karena kita termasuk warganegara surga walaupun kita masih di dunia. Bintang-bintang adalah para pemimpin agama, juga di dunia, walaupun bintang-bintang ada di langit.

ü    Bahkan terhadap Panglima bala tentara (Yesus sendiri) ia membesarkan diri (berani menghujat).

ü    Dia menyingkirkan “yang sehari-hari**

yaitu pekerjaan pelayanan Yesus di Bait Suci Surgawi sebagai Imam Besar,

ü    dan tempat Bait Suci dicampakkan ke bawah,

ü    mencampakkan kebenaran ke bumi,

ü    ia beroperasi dan makmur.

ü    seorang raja dengan muka yang garang [= tidak berbelas kasihan]

ü    dan yang mahir kalimat-kalimat yang gelap,

ü    kekuatannya besar, tetapi bukan oleh kuasanya sendiri,

ü    membinasakan secara mengagumkan,

ü    membinasakan orang-orang kudus yang perkasa,

ü    melalui strateginya, tipu muslihat berkembang makmur di tangannya,

ü    membinasakan banyak orang bukan karena perang,

ü    meninggikan dirinya dalam hatinya, jadi di luarnya dia pura-pura rendah hati,

ü    juga ia menantang Kristus,  

ü    tetapi tanpa perbuatan tangan manusia, ia akan dihancurkan.

Ini digambarkan oleh batu besar yang menghantam ke 10 jari kaki patung dalam mimpi Nebukadnezzar (Daniel pasal 2). Batu itu melambangkan Tuhan Jesus Kristus.

 

 

**) Apa artinya menyingkirkanyang sehari-hari”?

Itu adalah tugas sehari-hari seorang imam di Bait Suci. Sebelum salib, seorang imam itu punya tugas melayani di Bait Suci setiap hari. Dia harus memelihara sumbu-sumbu pelita, harus memastikan ada minyaknya, harus menyediakan dupanya, harus menyediakan roti sajiannya, di samping juga mempersembahkan kurban pagi dan petang, dan melayani seberapa sering umat datang untuk mempersembahkan kurban.

Di salib praktek ini digenapi, kita ingat bahwa ketika Yesus berkata “Sudah selesai” maka tabir Bait Suci robek menjadi dua dari atas ke bawah. Bahkan Roh Nubuat mengatakan pada saat itu domba yang akan dipersembahkan sebagai kurban petang, lolos dari tangan imam dan lari pergi. Berarti sejak saat itu tidak perlu lagi ada persembahan kurban pagi dan petang. Fungsi Bait Suci berubah, bahkan pada tahun 70 AD Bait Suci itu dihancurkan tentara Roma bersama dengan Yerusalem kotanya.

 

Setelah Yesus kembali ke Surga 40 hari setelah kebangkitanNya di tahun 31 AD, 10 hari kemudian Yesus ditahbiskan menjadi Imam Besar untuk memulai pelayananNya di Bait Suci Surgawi. Peristiwa itu di bumi dirayakan sebagai Hari Pentakosta.

Nah, sejak itu Yesus menjadi Imam Besar kita, karena itu di bumi tidak perlu ada imam lagi, tidak perlu ada altar/mezbah kurban lagi. Setiap manusia boleh datang langsung ke takhta kasih karunia Kristus membawa doa-doanya, ucapan-ucapan syukurnya, dan permohonan-permohonannya. Sebagai Imam Besar, Yesus adalah Perantara kita, Pendamai kita, dan sejak 22 Oktober 1844 juga merangkap Hakim kita.

 

Apa yang dilakukan si Tanduk Kecil ini ialah dia menghidupkan kembali pekerjaan imam di bumi yang sudah digenapi dan diambilalih Yesus di Surga. Jadi Tanduk Kecil ini merebut pekerjaan Yesus sebagai Imam Besar, dengan kata lain itu mencampakkan tempat Bait Suci yang di Surga, ke bumi.

Kita lihat di dalam gereja Katolik masih ada altar, masih ada tabernakel, masih ada “imam” yang dalam bahasa Indonesia disebut “romo” (yang artinya “bapak” ~ padahal sebutan itu juga sudah dilarang Yesus).

Jadi Tanduk Kecil ini sudah memalsukan pekerjaan pelayanan Kristus sebagai Imam Besar di Bait Suci surgawi. Dengan demikian dia sudah menipu umatnya untuk mengikuti cara ibadah yang bertentangan dengan yang diajarkan Tuhan.  Ini namanya penyesatan.

 

 

Gerakan Kontra-Reformasi

Pada zaman Reformasi (mulai abad 14-16), setelah gerakan yang dilancarkan oleh bapak-bapak Reformasi di antaranya Martin Luther terhadap gereja universal (Katolik) pada waktu itu, maka Alkitab yang tadinya disembunyikan, mulai dicetak dalam jumlah besar dan dalam beberapa bahasa, dan bisa dimiliki oleh semua orang awam. Maka banyak orang mulai mempelajari dengan tekun nubuatan-nubuatan  Alkitab di antaranya  kitab Daniel ini dan kitab Wahyu.

Ketika mereka menyadari siapa si Tanduk Kecil ini, bahwa dia adalah sistem yang sama dengan:

ü  Antikristus yang disebut Yohanes,

ü  dengan Binatang yang keluar dari laut Wahyu 13,

ü  dengan perempuan pelacur Wahyu 17,

ü  dengan manusia durhaka (manusia dosa) 1 Tesalonika, 

ü  dengan anak kebinasaan 1 Tesalonika,

ü  yang tidak lain adalah sistem Kepausan Roma,

 

mereka menyebarluaskan penemuan mereka sehingga para pionir Protestan semuanya tahu bahwa sistem Kepausan Roma itulah Antikristus.

 

Maka untuk melawan informasi itu, Kepausan membuat gerakan kontra-reformasi. Dua orang Jesuit melahirkan dua konsep yang berbeda untuk mengkontra penemuan pionir-pionier Protestan

a.   Jesuit Luis de Alcasar (1554-1613)

menciptakan metode Preteris, yang mengatakan Tanduk Kecil/Antikristus sudah lama datang, yaitu Antiochus Epiphanus;

b.   Jesuit Francisco Ribera (1537-1591)

menciptakan metode Futuris, yang mengatakan Tanduk Kecil/Antikristus belum datang, dan nanti baru akan datang setelah gereja Tuhan diangkat secara rahasia ke Surga.

 

Mereka berharap dengan demikian orang-orang tidak mengidentifikasi Kepausan sebagai Tanduk Kecil atau Antikristus lagi.

 

Tetapi, Antiochus Epiphanus tidak memenuhi semua kriteria si Tanduk Kecil, sehingga dalam waktu singkat, gugurlah teori bahwa Antiochus Epiphanus inilah si Tanduk Kecil. Namun sampai sekaranng masih ada manusia yang percaya bahwa Antiochus Epiphanus inilah si Antikristus. Karena itu mari kita simak siapakah Antiochus Epiphanus ini dan mengapa dia bukanlah si Tanduk Kecil.

Ø    Dia adalah raja ke-8 dari urutan 26 raja yang memerintah di daerah Seleucus (eks jenderal Iskandar Zulkarnaen) yang berkuasa di Syria, sebelum daerah itu jatuh dicaplok oleh Roma.

Jadi, Antiochus ini tidak muncul dari 10 negara eks kerajaan Roma kuno (Binatang keempat). Dia melanjutkan garis dari empat kepala Binatang yang ketiga, si macan tutul (Daniel 7) atau salah satu dari keempat tanduk si kambing jantan (Daniel 8).  Ini adalah salah satu kondisinya yang tidak cocok mengisi sepatu si Tanduk Kecil, karena Tanduk Kecil itu muncul dari 10 tanduk Binatang yang keempat.

 

Ø    Antiochus Epiphanus ini bukanlah raja yang hebat,

bahkan dia mendapat julukan “Epimanus” yang artinya “orang gila.” Dia sendiri, oleh ayahnya Antiochus yang Agung, diserahkan kepada Roma sebagai tawanan ketika tentara Roma mengalahkannya dalam peperangan. 

 

Ø    Persia terdiri atas 127 propinsi, sedangkan wilayah Yunani, lebih besar.

Tetapi si Tanduk Kecil ini dikatakan dalam nubuatan sebagai “sangat besar”, maka tentunya dia jauh lebih besar daripada Yunani. Antiochus Epiphanus tidak pernah menjadi sangat besar. Bahkan niatnya untuk mengambil daerah Ptolemy saja harus batal atas perintah Roma yang merebut daerah itu sendiri. Kemarahannya atas ketidak-berhasilannya ini lalu dilimpahkannya kepada bangsa Yahudi. Dia menyerang Yerusalem, merampok Bait Suci, mengurbankan babi di altar Bait Suci,  memindahkan patung-patung berhala ke dalam Bait Suci,  yang akhirnya melahirkan pemberontakan Makabean. Tetapi walaupun Antiochus Epiphanes berbuat banyak kejahatan terhadap Bait Allah dan bangsa Yahudi, masih banyak kriteria si Tanduk Kecil yang tidak terdapat padanya.

 

Ø    Dia tidak “mengambil yang sehari-hari”,  

walaupun perbuatannya sangat kurang ajar, tetapi  Dia tidak menggantikan imamat Kristus.

 

Ø    Dia tidak pernah mengubah waktu-waktu dan Hukum-hukum Allah.

 

Ø    Jelas dia tidak hidup selama 1260 tahun,

padahal menurut nubuat “mereka [orang-orang suci] akan diserahkan ke dalam tangannya selama satu masa dan dua masa dan setengah masa = 1260 tahun. Dia sendiri mati tahun 168BC. Sebenarnya dari persyaratan ini saja kita harus tahu bahwa Tanduk Kecil tidak mungkin satu manusia, karena tidak ada manusia yang bisa hidp selama 1260 tahun! Jadi Tanduk Kecil haruslah sebuah sistem, sebuah organisasi.

 

Ø    Dan kerajaannya sudah tidak eksis lagi sejak 168 BC,

padahal kerajaan si Tanduk Kecil ini akan eksis terus hingga hari kiamat, saat dia dihancurkan, bukan oleh tangan manusia, melainkan oleh sebuah Batu Gunung (Daniel pasal 2) yang melambangkan Kristus, pada hari kiamat.

 

 

 

 

1260 tahun


Pada tahun 533 AD, Kaisar Justinian mengangkat Uskup Roma sebagai kepala semua gereja yang ada. Tetapi, perintah ini belum bisa diberlakukan sampai raja Ostrogoth (kerajaan terakhir dari tiga kerajaan yang dicabut dengan akar-akarnya) yang dituduh memegang faham Arianisme – lawannya yang terakhir – dilenyapkan. Hal ini baru tercapai pada tahun 538 AD.

Jadi dari tahun 538 AD inilah perhitungan 1260 tahun dimulai, yaitu masa penganiayaan orang-orang suci di tangan si Tanduk Kecil.

Dari tahun 538 + 1260 tahun, membawa kita ke tahun 1798.

 

Apa yang terjadi pada tahun 1798 sehubungan dengan penganiayaan orang-orang suci?

Sejarah mencatat, Jendral Berthier dari pasukan Napoleon Bonaparte, memasuki Roma, mendeklarasikannya sebagai republik, menawan Paus Pius VI. Dengan demikian, berakhirlah “untuk sementara” kekuasaan si Tanduk Kecil. Paus Pius VI, meninggal sebagai tawanan di Valence Perancis bulan Agustus 1799.

 

Karena nubuatan Daniel ini berkaitan sangat erat dengan Kitab Wahyu, maka kita dapatkan cerita yang sama di Wahyu 13, yang ada pembahasannya di blog ini juga.

Tindakan Jenderal Berthier membubarkan kekuasaan Kepausan, sepertinya telah memberikan pukulan yang fatal, dicatat di Wahyu 13:3

Dan aku melihat satu dari kepala-kepalanya sepertinya terluka fatal, dan lukanya yang mematikan itu disembuhkan. Dan  seluruh dunia kagum, dan mengikut Binatang itu.

 

Seperti yang dikatakan oleh Yohanes di Wahyu, maka si Tanduk Kecil ini akan sembuh. Kapan dia akan sembuh? Bila kekuasaannya mempersekusi umat Allah dikembalikan kepadanya.

 

Pada tahun 1800 bulan Maret, diangkatlah seorang Paus yang baru, yang tahtanya berlangsung terus hingga hari ini, dan pada tahun 1929 negara Italia memberi Kepausan kedaulatan atas kota Vatikan. Tapi karena kekuasaannya untuk mempersekusi belum kembali kepadanya, sampai sekarang sistem Kepausan ini belum sembuh. Sampai sekarang dia masih “mati suri”. Tapi suatu hari dia akan sembuh, dan dia akan mendapat kekuasaannya mempersekusi lagi. Kitab Wahyu mengatakan nanti Binatang yang muncul dari bumi Wahyu 13 itulah yang akan menyembuhkan luka fatalnya, yang akan mengembalikan kekuasaannya. Jadi kita juga harus mempelajari pembahasan kitab Wahyu supaya mendapatkan gambaran yang luas.

 

 

Berikutnya diteruskan dengan Daniel 8:13-14

  

 

  



Tidak ada komentar:

Posting Komentar