Minggu, 19 Mei 2013

SIAPAKAH KE DUA BELAS SUKU ISRAEL


SIAPAKAH 12 SUKU ISRAEL

1. BAPAK BANGSA ISRAEL

Kita semua tahu Abraham adalah Bapak bangsa Israel, Tuhan membuat perjanjian dengan Abraham dan sejak itu semua keturunannya adalah bangsa Israel.
Kejadian 12:1-2
Berfirmanlah TUHAN kepada Abram: "Pergilah dari negerimu dan dari sanak saudaramu dan dari rumah bapamu ini ke negeri yang akan Kutunjukkan kepadamu;
Aku akan membuat engkau menjadi bangsa yang besar, dan memberkati engkau serta membuat namamu masyhur; dan engkau akan menjadi berkat.




2. SEJAK ABRAHAM, KETURUNANNYA ADALAH BANGSA PILIHAN TUHAN

Mazmur  105:6
hai anak cucu Abraham, hamba-Nya, hai anak-anak Yakub, orang-orang pilihan-Nya!

Yesaya  45:4
Oleh karena hamba-Ku Yakub dan Israel, pilihan-Ku, maka Aku memanggil engkau dengan namamu, menggelari engkau, sekalipun engkau tidak mengenal Aku.




3. ADA BERAPA GENERASI DARI ADAM HINGGA ABRAHAM?

Kita tahu dari Adam hingga Nuh itu 10 generasi:
-      Adam
-      Set
-      Enos
-      Kenan
-      Mahalaleel
-      Yared
-      Henokh
-      Metusalah
-      Lamekh
-      Nuh

Dari Nuh hingga Abraham ada 11 generasi:
-      Sem
-      Arpakhsad
-      Cainan
-      Selah
-      Eber
-      Peleg
-      Rehu
-      Serug
-      Nahor
-      Terah
-      Abraham




4. ADA BERAPA GENERASI DARI ABRAHAM HINGGA KE-12 SUKU ISRAEL?

Dari Abraham hingga ke-12 suku Israel ada 4 generasi
-      Abraham
-      Isak
-      Yakub (Israel)
-      Ke 12 anak Yakub yang menjadi ke-12 suku Israel




5. APAKAH NAMA KE-12 SUKU ISRAEL DAN BAGAIMANA CIRI-CIRINYA?

1. Ruben
engkaulah yang terutama dalam keluhuran, yang terutama dalam kesanggupan. Engkau yang membual sebagai air, tidak lagi engkau yang terutama, sebab engkau telah menaiki tempat tidur ayahmu; waktu itu engkau telah melanggar kesuciannya. (Kej 49:3-4)

2. Simeon
3. Levi
Simeon dan Lewi bersaudara; senjata mereka ialah alat kekerasan. Janganlah kiranya jiwaku turut dalam permupakatan mereka, janganlah kiranya rohku bersatu dengan perkumpulan mereka, sebab dalam kemarahannya mereka telah membunuh orang dan dalam keangkaraannya mereka telah memotong urat keting lembu. Terkutuklah kemarahan mereka, sebab amarahnya keras, terkutuklah keberangan mereka, sebab berangnya bengis. Aku akan membagi-bagikan mereka di antara anak-anak Yakub dan menyerakkan mereka di antara anak-anak Israel. (Kej 49:5-7)

4. Yehuda
engkau akan dipuji oleh saudara-saudaramu, tanganmu akan menekan tengkuk musuhmu, kepadamu akan sujud anak-anak ayahmu. Yehuda adalah seperti anak singa: setelah menerkam, engkau naik ke suatu tempat yang tinggi, hai anakku; ia meniarap dan berbaring seperti singa jantan atau seperti singa betina; siapakah yang berani membangunkannya?
Tongkat kerajaan tidak akan beranjak dari Yehuda ataupun lambang pemerintahan dari antara kakinya, sampai dia datang yang berhak atasnya, maka kepadanya akan takluk bangsa-bangsa. Ia akan menambatkan keledainya pada pohon anggur dan anak keledainya pada pohon anggur pilihan; ia akan mencuci pakaiannya dengan anggur dan bajunya dengan darah buah anggur. Matanya akan merah karena anggur dan giginya akan putih karena susu. (Kej 49:8-12)

5. Zebulon
diam di tepi pantai laut, ia akan menjadi pangkalan kapal, dan batasnya akan bersisi dengan Sidon. (Kej 49:13)

6.Isakhar
seperti keledai yang kuat tulangnya, yang meniarap diapit bebannya,  ketika dilihatnya, bahwa perhentian itu baik dan negeri itu permai, maka disendengkannyalah bahunya untuk memikul, lalu menjadi budak rodi. (Kej 49:14-15)

7. Dan
akan mengadili bangsanya sebagai salah satu suku Israel.  Semoga Dan menjadi seperti ular di jalan, seperti ular beludak di denai yang memagut tumit kuda, sehingga penunggangnya jatuh ke belakang.  (Kej 49:16-17)

8. Gad
akan diserang oleh gerombolan, tetapi ia akan menyerang tumit mereka.(Kej 49:19)

9. Asyer
makanannya akan limpah mewah dan ia akan memberikan santapan raja-raja. (Kej 49:20)

10. Naftali
seperti rusa betina yang terlepas; ia akan melahirkan anak-anak indah. (Kej 49:21) Lebih tepat terjemahan bahasa Inggris yang diambil dari tulisan aslinya: “seperti rusa betina yang bebas, kata-kata yang dipakainya sangat indah”.

11. Yusuf
seperti pohon buah-buahan yang muda, pohon buah-buahan yang muda pada mata air. Dahan-dahannya naik mengatasi tembok.  Walaupun pemanah-pemanah telah mengusiknya, memanahnya dan menyerbunya,  namun panahnya tetap kokoh dan lengan tangannya tinggal liat, oleh pertolongan Yang Mahakuat pelindung Yakub, oleh sebab gembalanya Gunung Batu Israel,  oleh Allah ayahmu yang akan menolong engkau, dan oleh Allah Yang Mahakuasa, yang akan memberkati engkau dengan berkat dari langit di atas, dengan berkat samudera raya yang letaknya di bawah, dengan berkat buah dada dan kandungan.  Berkat ayahmu melebihi berkat gunung-gunung yang sejak dahulu, yakni yang paling sedap di bukit-bukit yang berabad-abad; semuanya itu akan turun ke atas kepala Yusuf, ke atas batu kepala orang yang teristimewa di antara saudara-saudaranya. (Kej 49:22-26)

12. Benyamin
seperti serigala yang menerkam; pada waktu pagi ia memakan mangsanya dan pada waktu petang ia membagi-bagi rampasannya." (Kej 49:27)





6. APA YANG TERJADI PADA KEDUABELAS SUKU ISRAEL INI SEBELUM KELAHIRAN YESUS DI DUNIA?

Pada waktu pembagian tanah berlangsung, 10 suku Israel memilih tanah di sebelah utara sehingga hanya tersisa dua suku yang menetap di sebelah selatan. Sejak itu kesepuluh suku yang di utara dikenal sebagai “kerajaan Israel”, sedangkan yang di sebelah selatan, dikenal sebagai “kerajaan Yehuda” yang terdiri atas suku Yehuda (mayoritas) dan suku Benyamin.

Karena kejahatan yang dibuat bangsa Israel yang ikut menyembah berhala bangsa-bangsa kafir, sejarah mencatat sekitar tahun 722 BC, kerajaan kesepuluh suku Israel di sebelah utara  dipunahkan oleh tentara Asiria. Yang selamat berpencar ke mana-mana, tidak pernah kembali lagi ke tanah Israel.
Alkitab pun mencatat bagaimana sebelum kejadian itu, Tuhan sudah memberikan peringatan:

1 Raja-raja 11:28-33
Yerobeam adalah seorang tangkas; ketika Salomo melihat, bahwa orang muda itu seorang yang rajin bekerja, maka ditempatkannyalah dia mengawasi semua pekerja  wajib dari keturunan Yusuf.  Pada waktu itu, ketika Yerobeam keluar dari Yerusalem, nabi Ahia, orang Silo itu, mendatangi dia di jalan dengan berselubungkan kain baru. Dan hanya mereka berdua ada di padang.  Ahia memegang kain baru yang di badannya, lalu dikoyakkannya menjadi dua belas koyakan;  dan ia berkata kepada Yerobeam: "Ambillah bagimu sepuluh koyakan, sebab beginilah firman TUHAN, Allah Israel: Sesungguhnya Aku akan mengoyakkan kerajaan itu dari tangan Salomo dan akan memberikan kepadamu sepuluh suku.  Tetapi satu suku akan tetap padanya oleh karena hamba-Ku Daud dan oleh karena Yerusalem, kota yang Kupilih itu dari segala suku Israel.  Sebabnya ialah karena ia telah meninggalkan Aku dan sujud menyembah kepada Asytoret, dewi orang Sidon, kepada Kamos, allah orang Moab dan kepada Milkom, allah bani Amon, dan ia tidak hidup menurut jalan yang Kutunjukkan dengan melakukan apa yang benar di mata-Ku dan dengan tetap mengikuti segala ketetapan dan peraturan-Ku, seperti Daud, ayahnya.

Jadi, hanya satu suku yang dipilih oleh Tuhan untuk dipertahankan, itu adalah suku Yehuda, karena janji Allah sendiri:
Tongkat kerajaan tidak akan beranjak dari Yehuda ataupun lambang pemerintahan dari antara kakinya, sampai Dia datang yang berhak atasnya, maka kepadaNya akan takluk bangsa-bangsa. (Kej 49:10)

Dan suku Benyamin yang memang menetap di bagian selatan, bergabung dengan suku Yehuda.
1 Raja-raja 12:21
Ketika Rehabeam datang ke Yerusalem, ia mengumpulkan segenap kaum Yehuda dan suku Benyamin, seratus delapan puluh ribu teruna yang sanggup berperang untuk memerangi kaum Israel dengan maksud mengembalikan kerajaan itu kepada Rehabeam, anak Salomo.

Oleh karena itu pada waktu kelahiran Yesus, yang ada hanyalah suku Yehuda ini, dan orang-orang Israel pun disebut orang Yahudi (dari kata Yehuda).





7. SEJAK KAPAN ORANG YAHUDI DITOLAK TUHAN SEBAGAI BANGSA PILIHANNYA?

Kita kembali ke pembahasan Nubuatan Daniel.

Daniel 9:24-27
9:24 Tujuh puluh kali tujuh masa telah ditetapkan atas bangsamu dan atas kotamu yang kudus, untuk melenyapkan kefasikan, untuk mengakhiri dosa, untuk menghapuskan kesalahan, untuk mendatangkan keadilan yang kekal, untuk menggenapkan penglihatan dan nabi, dan untuk mengurapi yang maha kudus.
9:25 Maka ketahuilah dan pahamilah: dari saat firman itu keluar, yakni bahwa Yerusalem akan dipulihkan dan dibangun kembali, sampai pada kedatangan seorang yang diurapi, seorang raja, ada tujuh kali tujuh masa; dan enam puluh dua kali tujuh masa lamanya kota itu akan dibangun kembali dengan tanah lapang dan paritnya, tetapi di tengah-tengah kesulitan.
9:26 Sesudah keenam puluh dua kali tujuh masa itu akan disingkirkan seorang yang telah diurapi, padahal tidak ada salahnya apa-apa. Maka datanglah rakyat seorang raja memusnahkan kota dan tempat kudus itu, tetapi raja itu akan menemui ajalnya dalam air bah; dan sampai pada akhir zaman akan ada peperangan dan pemusnahan, seperti yang telah ditetapkan.
9:27 Raja itu akan membuat perjanjian itu menjadi berat bagi banyak orang selama satu kali tujuh masa. Pada pertengahan tujuh masa itu ia akan menghentikan korban sembelihan dan korban santapan; dan di atas sayap kekejian akan datang yang membinasakan, sampai pemusnahan yang telah ditetapkan menimpa yang membinasakan itu."

Nubuatan ini sudah dibahas dengan rinci di dalam pembahasan Nubuatan Daniel mengenai 2300 Petang dan Pagi. Untuk mereviewnya, silakan buka blog LIMA GADIS BIJAK di smaragd84.blogspot.com.

Di sini kita hanya akan mengulang poin-poin yang relevan saja dengan pembahasan mengenai bangsa Israel ini.




1.    “Tujuh puluh kali tujuh masa telah ditetapkan atas bangsamu”
1 masa artinya 1 tahun
70 x 7 masa (tahun) = 490 tahun yang ditetapkan bagi bangsa Israel.
Apa artinya ini?
Karena selama berabad-abad bangsa Israel berulang-ulang meninggalkan Tuhan dan berpaling kepada penyembahan berhala bangsa-bangsa kafir, maka untuk terakhir kalinya Tuhan memberi mereka ultimatum. Tuhan memberi mereka 490 tahun lagi untuk bertobat dan kembali kepadaNya. Walaupun Tuhan sudah tahu bahwa mereka tidak bakal bertobat, namun dalam kemurahanNya, Tuhan tetap memberi bangsa Israel 490 tahun itu untuk bertobat.

2.    Dihitung mulai “dari saat firman itu keluar, yakni bahwa Yerusalem akan dipulihkan dan dibangun kembali” yaitu tahun 457 BC, ketika raja Arthasasta Longimanus mengeluarkan dekrit mengizinkan orang Israel yang ditawan raja Persia itu pulang ke Yerusalem untuk membangunnya kembali.

3.    Berarti, 490 tahun setelah tahun 457 BC adalah tahun 34AD [pergeseran perhitungan dari BC ke AD ada penambahan waktu sekitar 6 bulan]. Berarti waktu yang diberikan kepada bangsa Israrel untuk bertobat dan kembali kepada Tuhan akan berakhir pada tahun 34AD.

4.    Ayat 25: Pembangunan kota Yerusalem dan Bait Allah dibagi dalam dua tahap: “tujuh kali tujuh masa; dan enam puluh dua kali tujuh masa”.
Total = 69 x 7 masa. Berarti dari keseluruhan waktu nubuatan 70 x 7 masa dikurangi 69 x 7 masa akan sisa 1 x 7 masa  = 7 tahun.

5.    Ayat 27: mengatakan selama masa 7 tahun itu “Raja itu akan membuat perjanjian itu menjadi berat bagi banyak orang selama satu kali tujuh masa.” (Terjemahan KJV memakai kata “confirm [meneguhkan] the covenant with many”)  Berarti selama 7 tahun yang terakhir dari total 490 tahun itu, Raja itu (Yesus) akan meneguhkan perjanjian dengan banyak orang.
Meneguhkan perjanjian yang mana?
Ya Perjanjian Tuhan kepada Abraham, perjanjian bahwa keturunan Abraham (orang Israel) adalah bangsa pilihan Tuhan.

6.    Apa yang kita ketahui dari sejarah dan dari Alkitab mengenai 7 tahun yang terakhir ini, yaitu dari tahun 27AD hingga 34AD?
Kita tahu pada tahun 27AD, Yesus memulai penginjilanNya setelah Dia dibaptis di Sungai Yordan oleh Yohanes Pembaptis. Semasa hidupNya, Yesus memfokuskan penginjilanNya khusus kepada bangsa Israel saja.
Matius 10:5-7.
Kedua belas murid itu diutus oleh Yesus dan Ia berpesan kepada mereka: "Janganlah kamu menyimpang ke jalan bangsa lain atau masuk ke dalam kota orang Samaria, melainkan pergilah kepada domba-domba yang hilang dari umat Israel.  Pergilah dan beritakanlah: Kerajaan Sorga sudah dekat. 
Matius 15:24
Jawab Yesus: "Aku diutus hanya kepada domba-domba yang hilang dari umat Israel."

7.    Pada tahun 34AD, berakhirlah masa 490 tahun yang ditetapkan bagi bangsa Israel. Ternyata selama 7 tahun yang terakhir itu pun mereka tidak bertobat. Mereka telah membunuh Mesias yang datang untuk menyelamatkan mereka, dan mereka menganiaya murid-muridNya yang menginjil kepada mereka. Mereka membuktikan bahwa mereka tidak pantas dipertahankan sebagai bangsa pilihan Tuhan.
Kita lihat yang tercatat di Kisah 8:1-4:
Saulus juga setuju, bahwa Stefanus mati dibunuh. (8-1b) Pada waktu itu mulailah penganiayaan yang hebat terhadap jemaat di Yerusalem. Mereka semua, kecuali rasul-rasul, tersebar ke seluruh daerah Yudea dan Samaria. Orang-orang saleh menguburkan mayat Stefanus serta meratapinya dengan sangat. Tetapi Saulus berusaha membinasakan jemaat itu dan ia memasuki rumah demi rumah dan menyeret laki-laki dan perempuan ke luar dan menyerahkan mereka untuk dimasukkan ke dalam penjara.  Mereka yang tersebar itu menjelajah seluruh negeri itu sambil memberitakan Injil.

Tepat seperti yang sudah dinubuatkan oleh Daniel sekitar 600an tahun sebelum Kristus, pada akhir 490 tahun itu (tahun 34AD), tamatlah kesempatan bangsa Israel mempertahankan status mereka sebagai bangsa pilihan. SEJAK ITU, TUHAN TIDAK LAGI MENGISTIMEWAKAN SUATU BANGSA TERTENTU, TETAPI TUHAN MEMBUKA KESEMPATAN KEPADA SETIAP INDIVIDU, SEBAGAI PRIBADI, UNTUK MENJADI UMAT PILIHANNYA.





8. SIAPAKAH YANG MENJADI “UMAT TUHAN” SETELAH TAHUN 34AD?

Dengan berakhirnya Israel sebagai satu bangsa sebagai umat pilihan Tuhan per 34AD, maka muncullah “ISRAEL ROHANI” sebagai umat Tuhan.

Siapakah “ISRAEL ROHANI” ini?
Kita lihat apa kata Alkitab:

Galatia 3:26-29
Sebab kamu semua adalah anak-anak Allah karena iman di dalam Yesus Kristus. Karena kamu semua, yang dibaptis dalam Kristus, telah mengenakan Kristus. Dalam hal ini tidak ada orang Yahudi atau orang Yunani, tidak ada hamba atau orang merdeka, tidak ada laki-laki atau perempuan, karena kamu semua adalah satu di dalam Kristus Yesus.  Dan JIKALAU KAMU ADALAH MILIK KRISTUS, MAKA KAMU JUGA ADALAH KETURUNAN ABRAHAM dan berhak menerima janji Allah.

Jelas di sini dikatakan, untuk menjadi keturunan Abraham [Israel], tidak perlu kita berdarah Yahudi. Asal kita adalah milik Kristus, kita sudah dianggap keturunan Abraham [Israel secara rohani] walaupun kita berdarah Indonesia, Jepang, Cina atau Belanda.

Rom 9:6-8
Sebab tidak semua orang yang berasal dari Israel adalah orang Israel, dan juga tidak semua yang terhitung keturunan Abraham adalah anak Abraham, tetapi: "Yang berasal dari Ishak yang akan disebut keturunanmu."  Artinya: bukan anak-anak menurut daging adalah anak-anak Allah, tetapi anak-anak perjanjian yang disebut keturunan yang benar.

Paulus dengan gamblang mengatakan, bahwa  tidak semua yang berasal dari Israel  [berdarah Israel] adalah orang Israel [umat Tuhan], “bukan anak-anak menurut daging [darah] adalah anak-anak Allah”,  Jadi darah sudah tidak menentukan lagi.


Rom 2:29
Tetapi orang Yahudi sejati ialah dia yang tidak nampak keyahudiannya dan sunat ialah sunat di dalam hati, secara rohani, bukan secara hurufiah. Maka pujian baginya datang bukan dari manusia, melainkan dari Allah.

Terjemahan KJV
But he is a Jew, which is one inwardly; and circumcision is that of the heart, in the spirit, and not in the letter; whose praise is not of men, but of God.

Terjemahan KJV lebih tepat, yaitu “orang yang dianggap Yahudi sejati adalah yang Yahudinya secara rohani”, artinya bukan secara lahiriah (karena berdarah Yahudi), melainkan karena beriman dan patuh kepada Tuhan.

Jadi jelaslah bahwa sejak tahun 34AD, semua orang yang adalah “MILIK KRISTUS” mereka adalah ISRAEL [secara] ROHANI.  Mereka dianggap keturunan Abraham. Mereka adalah “anak-anak perjanjian”.

Matius  24:31
Dan Ia akan menyuruh keluar malaikat-malaikat-Nya dengan meniup sangkakala yang dahsyat bunyinya dan mereka akan mengumpulkan orang-orang pilihan-Nya dari keempat penjuru bumi, dari ujung langit yang satu ke ujung langit yang lain.

Jadi, umat pilihan Tuhan, yang dulu eksklusif hanya bangsa Israel, sekarang adalah Israel Rohani, yang akan dikumpulkan “dari ke empat penjuru bumi, dari ujung langit yang satu ke ujung langit yang lain”.





9. MATIUS 19:28 SIAPA KE-12 SUKU ISRAEL?

Matius 19:28
Kata Yesus kepada mereka: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya pada waktu penciptaan kembali, apabila Anak Manusia bersemayam di takhta kemuliaan-Nya, kamu, yang telah mengikut Aku, akan duduk juga di atas dua belas takhta untuk menghakimi kedua belas suku Israel.

Di atas sudah dibahas bahwa yang disebut Israel sejak tahun 34AD adalah SEMUA UMAT “MILIK KRISTUS” tidak jadi soal dari keturunan apakah mereka.

Bangsa Israel terdiri atas 12 suku. Maka jika disebutkan “kedua belas suku Israel” berarti lengkap seluruhnya, tidak ada yang luput, tidak ada yang tidak termasuk. Siapa pun dia, pasti termasuk salah satu dari kedua belas suku Israel ini.  Angka 12 sudah mencakup seluruh bangsa Israel tanpa kecuali.

JADI SIAPAKAH KEDUA BELAS SUKU ISRAEL INI?

Sebelum tahun 34AD mereka adalah BANGSA ISRAEL SECARA FISIK (benar-benar berdarah Yahudi), tetapi sejak tahun 34AD ~ sesuai pembahasan di atas ~  yang dimaksud adalah ISRAEL SECARA ROHANI, mau berdarah apa pun, hidup di negara mana pun, terhitung di sini asalkan dia adalah milik Krisitus.



10. APAKAH IMPLIKASINYA SEKARANG SETELAH KITA MENJADI “ISRAEL [SECARA] ROHANI”?

Apa pun perintah/peraturan yang dahulu diberikan kepada bangsa Israel, berlaku juga kepada kita setelah kita menjadi Israel [secara] rohani, KECUALI SEMUA PERATURAN/HUKUM YANG MERUPAKAN BAYANGAN DARI PEKERJAAN PENEBUSAN KRISTUS.  Kita telah membahas ini di dalam pembahasan mengenai Hukum Tuhan.

Semua peraturan yang bukan bayangan dari pekerjaan penebusan Kristus, yang dulu mengikat bangsa Israel [berdarah Yahudi], sekarang mengikat kita, karena kita sudah menjadi Israel [secara] rohani.

Jadi ini merupakan salah satu lagi alasan, bahwa tidak ada hukum Tuhan dari Kitab Perjanjian Lama yang tidak berlaku bagi orang Kristen Perjanjian Baru. Mengapa? Karena orang Kristen Perjanjian Baru sudah menjadi Israel [secara] rohani! Jadi semua yang mengikat Israel jasmani, mengikat juga Israel rohani.

KARENA ITU 10 HUKUM TUHAN, LENGKAP DENGAN HUKUM KE-4NYA, YAITU MEMELIHARA KESUCIAN HARI SABAT;  DAN HUKUM TENTANG BINATANG HARAM/HALAL SEBAGAI MAKANAN ITU TETAP BERLAKU BAGI ISRAEL ROHANI!

Yang tidak berlaku hanyalah hukum-hukum upacara yang sudah digenapi Kristus di kayu salib, dan juga hukum-hukum ketatanegaraan yang berlaku pada waktu Israel merupakan negara theokratis. Karena Israel Rohani sekarang terdiri atas segala bangsa dan tersebar di segala negara, maka setiap orang Israel Rohani tunduk pada hukum negara di mana dia tinggal.


20 Mei 2013


1 komentar: