Rabu, 08 Mei 2013

PEMBAHASAN WAHYU PASAL 10




KITAB  WAHYU
Pasal 10

KITAB KECIL


Pasal 9 berakhir dengan sangkakala yang ke enam. Sangkakala yang ketujuh belum diperkenalkan sekarang dan baru akan kita jumpai di pasal 11 ayat 15, jadi pasal 10 ini merupakan sisipan yang diberikan Tuhan kepada Yohanes sebelum Dia memperkenalkan sangkakala yang ketujuh.

 

 

10:1        Dan aku melihat seorang Malaikat lain yang sangat perkasa turun dari sorga, berselubungkan awan, dan pelangi ada di atas kepalaNya dan mukaNya seperti matahari, dan kaki-kakiNya bagaikan tiang-tiang api.

 

v   Di sini dikatakan  “seorang Malaikat lain”~  

berarti ini bukan salah satu dari ketujuh malaikat yang meniup sangkakala.

 

v   Malaikat ini istimewa karena dijelaskan bahwa:

ü   Dia adalah malaikat  “yang sangat perkasa” Dalam terjemahan bahasa Inggris dikatakan “mighty” [KJV], “powerful” [CEB], “strong” [ASV].

ü   berselubungkan awan,

ü   pelangi ada di atas kepalaNya

ü   mukaNya seperti matahari

ü   kaki-kakiNya bagaikan tiang-tiang api

 

v   Semua deskripsi di atas ini langsung mengingatkan kita hanya kepada satu Tokoh saja, yaitu Yesus Kristus, Allah Anak!

Keluaran 19:9

Dan TUHAN berfirman kepada Musa, ‘Lihat, Aku akan datang kepadamu dalam awan yang tebal, supaya bangsa itu dapat mendengar apabila Aku berbicara dengan engkau, dan mempercayai engkau selamanya.’ Dan Musa memberitahukan perkataan bangsa itu kepada TUHAN.

 

Wahyu 4:3

Dan Dia yang duduk di takhta itu bagaikan permata yaspis dan permata sardis dalam penampilanNya; dan ada suatu pelangi melengkungi takhta itu yang penampilannya bagaikan zamrud.

 

Matius 17:2

Dan diubahkan di depan mata mereka; dan wajah-Nya benar bercahaya seperti matahari, dan pakaian-Nya putih seperti cahaya.

 

Keluaran  13:21

Dan TUHAN berjalan di depan mereka, pada siang hari dalam tiang awan untuk menuntun mereka di jalan, dan pada waktu malam dalam tiang api untuk menerangi mereka, untuk berjalan di waktu siang dan malam.

 

 

10:2        Dan ada di tanganNya sebuah gulungan kitab kecil yang terbuka; dan Ia menempatkan kaki kananNya di atas laut dan kaki kiriNya di atas bumi.

 

v   “sebuah gulungan kitab kecil yang terbuka” ~

Kitab apa ini? Pertama dikatakan bahwa kitab ini kecil. Kita harus ingat bahwa pada zaman Yohanes, yang namanya “kitab” itu berbentuk gulungan. Gulungan yang kecil [tipis] berarti isinya sedikit. Gulungan yang besar [tebal], isinya banyak. Berarti kitab yang dimaksudkan di ayat 2 ini  isinya singkat, tidak terlalu panjang, karena dikatakan gulungannya kecil. Kedua, dikatakan bahwa kitab kecil itu “terbuka” atau “dibuka”. Hal ini berarti, sebelumnya kitab ini tertutup, dan terbukanya kitab ini sedemikian penting sehingga perlu diperlihatkan kepada Yohanes.

Kitab manakah yang memenuhi kedua kriteria di atas?

Daniel 12:4, 9

4 Tetapi engkau, Daniel, sembunyikanlah segala firman itu, dan meteraikanlah Kitab itu sampai pada akhir zaman banyak yang akan berlarian ke sana kemari, dan pengetahuan akan bertambah. 9 Tetapi ia menjawab: ‘Lanjutkanlah hidupmu, Daniel, sebab firman ini akan tinggal tersembunyi dan termeterai sampai akhir zaman.’

 

Hanya Kitab Daniel-lah yang pernah disuruh Tuhan untuk dimeteraikan [dikunci] dan isinya disembunyikan hingga akhir zaman. Tetapi bukan seluruh kitab Daniel yang dimeteraikan, hanya paro keduanya saja, yaitu mulai pasal 8 sampai pasal 12. Daniel pasal 1 hingga pasal 7 itu tidak dimeteraikan, dan itu bisa dipelajari semua orang, karena banyak pelajar Alkitab di zaman lampau bisa memahaminya.

 

Sekarang, Yohanes melihat kitab ini dibuka, yaitu Daniel pasal 8-12, berarti inilah saatnya memasuki era akhir zaman karena kitab Daniel yang ditulis sekitar tahun 600an sebelum Masehi itu aslinya disuruh meteraikan hingga akhir zaman. Dalam pembahasan Kitab Daniel yang sudah kita pelajari, kita tahu bahwa era akhir zaman dimulai pada waktu berakhirnya masa kejayaan Kepausan yang 1260 tahun, yaitu di tahun 1798. Berarti setelah itu  Kitab Daniel ini dibuka, karena baru pada akhir abad ke-18 itulah nubuatan-nubuatan di Daniel pasal 8-12 dipelajari dan dimengerti oleh manusia. Jadi gulungan kitab ini tipis, hanya 5 pasal (8-12).

 

v   “Ia menempatkan kaki kananNya di atas laut dan kaki kiriNya di atas bumi”

Ini menandakan bahwa kitab kecil yang terbuka itu isinya sekarang akan diberitakan ke mana-mana, sebegitu luasnya penyebarannya sehingga bukan hanya di daratan saja, tetapi juga akan menyeberangi lautan.

 

 

10:3        dan ia berseru dengan suara nyaring sama seperti singa yang mengaum. Dan sesudah ia berseru, ketujuh guruh itu memperdengarkan suaranya.

10:4        Dan sesudah ketujuh guruh itu selesai berbicara, aku mau menuliskannya, tetapi aku mendengar suatu suara dari sorga berkata: ‘Meteraikanlah apa yang dikatakan oleh ketujuh guruh itu dan janganlah engkau menuliskannya!’

 

v   “sesudah ia berseru, ketujuh guruh itu memperdengarkan suaranya”

Tuhan Yesus berseru dulu. Dan itu merupakan tanda bagi ketujuh guruh untuk berbicara.

Kita bertemu lagi dengan angka tujuh di sini yang menyatakan kesempurnaan.

 

v   “aku mau menuliskannya” ~

Yohanes mau mencatat apa yang didengarnya dikatakan oleh ketujuh guruh. Tetapi itu tidak diizinkan oleh Tuhan untuk ditulis.  Jadi apa yang dikatakan ketujuh guruh itu hanya untuk telinga Yohanes, tidak untuk diketahui sebelumnya oleh orang lain, karena itu Yohanes dilarang mencatatnya. Itu adalah ujian bagi umat Allah. Dan kelak bila perisitiwa itu sudah lewat, umat Allah akan tahu bahwa itulah ujian mereka.

 

 

10:5        Dan Malaikat yang kulihat berdiri di atas laut dan di atas bumi, mengangkat tanganNya ke langit,

10:6        dan bersumpah demi Dia yang hidup selama-lamanya, yang telah menciptakan langit dan segala isinya, dan bumi dan segala isinya, dan laut dan segala isinya, bahwa waktu tidak akan ada  lagi!  

 

v   “mengangkat tangan kananNya ke langit dan ia bersumpah”

Yesus kalau bersumpah demi Allah Bapa selalu dengan mengangkat tanganNya. Ini mirip dengan ayat di

Daniel 12:7

Dan aku mendengar Orang yang berpakaian kain lenan, yang ada di atas air sungai itu, ketika Dia mengangkat tangan kananNya dan tangan kiriNya ke langit dan bersumpah demi Dia yang hidup selamanya, …

 

Hanya saja karena di ayat 5-6 ini Kristus sedang memegang sebuah gulungan kecil di tangan kiriNya, maka Dia hanya mengangkat tangan kananNya ke langit, bukan keduanya.

 

v   “demi Dia yang hidup selama-lamanya, yang telah menciptakan langit dan segala isinya, dan bumi dan segala isinya, dan laut dan segala isinya”

Di sini Yesus bersumpah demi BapaNya, yang adalah Khalik semesta alam.

 

v   “waktu tidak akan ada  lagi”

Ada versi-versi Alkitab yang menerjemahkan kalimat ini Tidak akan ada penundaan lagi!”, tapi itu terjemahan yang salah. Yang benar adalah seperti yang diterjemahkan oleh KJV. Versi terjemahan yang lebih baru Worldwide English dan Common English Bible menerjemahkannya demikian:

 “There is no more time”.[WWE]

 “The time is up”. [CEB]

Maksudnya adalah “Waktunya sudah habis.”

Waktu apa yang sudah habis?

Ungkapan “waktunya sudah habis” ini pasti berkaitan dengan isi Kitab Daniel.

 

v   Kita tahu bahwa di dalam Kitab Daniel ada 4 periode waktu nubuatan (pasal 12):

ü   Periode 1260 tahun (Dan 7:25, 12:7) dari 538 – 1798 AD.

ü   Periode 1290 tahun (Dan 12:11)        dari 508 – 1798 AD

ü   Periode 1335 tahun (Dan 12:12)        dari 508 – 1843 AD

ü   Periode 2300 tahun (Dan 8:14)          dari 457 BC – 1844 AD

Bagi yang sudah lupa, bukalah pembahasan tentang nubuatan Daniel lagi.

 

v   Periode nubuatan terpanjang adalah yang 2300 tahun yang dikenal dengan nama Nubuatan 2300 Petang dan Pagi, yang digenapi pada 1844 AD.

Inilah yang dimaksudkan oleh ungkapan “waktu tidak akan ada  lagi”, maksudnya setelah itu waktu nubuatan sudah tidak ada lagi, sudah habis. Tidak ada lagi nubuatan yang diberikan yang akan melampaui tahun 1844. 1844 adalah tahun terakhir yang dinubuatkan di dalam Alkitab.

Jadi, “waktu yang dinubuatkan sudah habis”, tidak ada waktu nubuatan lain setelah 1844.

 

 

10:7        Tetapi di hari-hari suara Malaikkat yang ketujuh, ketika Ia akan mulai meniup, misteri Allah akan selesai, seperti yang telah Ia beritakan kepada hamba-hamba-Nya, para nabi.

 

v   Ini bukanlah bagian dari gulungan kitab kecil itu.

Ini suatu sisipan lagi, tiba-tiba beralih ke masa ketika malaikat ketujuh akan mulai meniup sangkakalanya.

 

v   di hari-hari suara Malaikkat yang ketujuh” ~

Kita tahu, 1 hari nubuatan sama dengan 1 tahun kita. Berarti “di hari-hari” di sini artinya adalah “di tahun-tahun”.  Maka ayat 7 ini bicara tentang “di tahun-tahun” menjelang malaikat yang ketujuh akan meniup sangkakalanya.

 

v   misteri Allah akan selesai

Misteri Allah itu apa? Mari kita lihat beberapa ayat.

Roma 16:25-26

25 Bagi Dia, yang sanggup menguatkan kamu, --menurut Injilku dan pemberitaan tentang Yesus Kristus, sesuai dengan diungkapkannya misteri yang dirahasiakan sejak dunia diciptakan 26 tetapi yang sekarang telah dinyatakan, dan melalui tulisan-tulisan para nabi sesuai perintah Allah yang kekal, yang diberitahukan kepada segala bangsa demi kepatuhan karena iman

 

Kolose 1:26-27

26 yaitu rahasia yang telah disembunyikan selama berabad abad dan dari generasi ke generasi, tetapi yang sekarang telah dinyatakan kepada orang-orang kudus-Nya.27 Kepada mereka Allah mau memberitahukan apa kekayaan dari kemuliaan  rahasia ini di antara bangsa-bangsa lain, yaitu Kristus dalam  kamu, harapan akan kemuliaan!

 

1 Timotius 3:16

16 Dan tanpa bisa dibantah, memang sangat besarlah misteri Keallahan itu: Allah dinyatakan dalam daging, dibenarkan dalam Roh, dilihat oleh  malaikat-malaikat, diberitakan di antara bangsa-bangsa yang tidak mengenal Allah, dipercayai di dunia, diterima di atas dalam kemuliaan

 

Efesus 3:2-4

2 Jika kamu telah mendengar tentang pembagian kasih karunia Allah, yang diberikan padaku untuk kamu,3 bagaimana melalui pengungkapan Dia menyatakan misterinya kepadaku (seperti yang telah kutulis sebelumnya dengan singkat. 4 Di mana, bila kamu membacanya, kamu boleh mengerti pengetahuanku dalam misteri Kristus), 5 yang di zaman yang lain tidak diberitahukan kepada anak-anak manusia, sebagaimana itu sekarang dinyatakan kepada rasul-rasul dan nabi-nabi-Nya yang kudus oleh Roh 6 bahwa orang-orang bukan Yahudi harus menjadi sesama ahliwaris, dan dari tubuh yang sama, dan punya bagian dalam janjinya dalam Kristus oleh Injil.

 

Galatia 1:11-12, 16

11 Tetapi aku tegaskan kepadamu, saudara-saudaraku, bahwa Injil yang kuberitakan itu bukanlah menurut manusia. 12 Karena aku bukan menerimanya dari manusia, dan aku juga bukan diajar oleh manusia, melainkan oleh pengungkapan dari Yesus Kristus. 16untuk menyatakan Anak-Nya di dalam aku, supaya aku boleh memberitakan Dia di antara bangsa-bangsa bukan Yahudi; langsung aku tidak membicarakannya dengan manusia;

 

Jadi apakah rahasia/misteri Allah?

Pemberitaan tentang Yesus Kristus bukan hanya kepada orang Yahudi, tetapi kepada segala bangsa, dan bahwa orang-orang non-Yahudi harus menjadi sesama ahliwaris dengan orang Yahudi, dan dari tubuh (gereja) yang sama, dan punya bagian dalam janjinya dalam Kristus oleh Injil.

 

Jadi di tahun-tahun menjelang akan ditiupnya sangkakala ketujuh, misteri Allah harus selesai dulu. Injil harus sudah diberitakan kepada semua bangsa baru sangkakala ketujuh ditiup. Sama seperti yang dikatakan Yesus.

Matius 24:14

Dan Injil Kerajaan ini akan diberitakan di seluruh dunia menjadi kesaksian bagi semua bangsa, sesudah itu barulah tiba kesudahannya.

 

Tidak berarti bahwa semua orang menerima Injil Kerajaan itu. Tapi semua orang sudah pernah mendengar dan mengetahui tentang apa yang diajarkan Injil Kerajaan itu sehingga setiap orang bisa memilih untuk menerima atau menolaknya.

 

 

10:8        Dan suara yang tadi kudengar dari langit berbicara lagi kepadaku, dan berkata, ‘Pergi dan ambillah gulungan kitab kecil yang terbuka di tangan Malaikat yang berdiri di atas laut dan di atas bumi itu.’

10:9        Dan aku pergi kepada Malaikat itu dan berkata kepadaNya, ‘Berikan gulungan kitab kecil itu kepadaku.’ Dan kataNya kepadaku, ‘Ambillah dan makanlah sampai habis; dan itu akan membuat perutmu pahit, tetapi akan terasa manis seperti madu dalam mulutmu.

10:10      Dan aku mengambil gulungan kitab kecil itu dari tangan Malaikat itu, dan memakannya sampai habis; dan itu di mulutku terasa manis seperti madu, dan begitu aku memakannya, perutku jadi pahit.

 

v   “Ambillah dan makanlah sampai habis” ~  

Yohanes disuruh memakan sampai habis gulungan kitab kecil itu, bukan cuma satu gigitan lalu selesai. Apa artinya? Jelas ini arti kiasan, bukan benar-benar mengunyah kitab. Memakan artinya mengunyah, menelannya lalu mencernakannya = MEMPELAJARI DAN MEMAHAMINYA. Berarti harus dipelajari. Yohanes melambangkan umat Allah. Jika dia disuruh Tuhan untuk mempelajari dan memahaminya, berarti kita juga sama. Berapa orang dari kita yang sudah mempelajari dan memahami kitab Daniel khususnya pasal 8 hingga 12? Yang kita tahu hanya kisah Daniel di gua singa, dan kisah tiga teman Daniel masuk tungku api. Itu kisah-kisah yang bagus yang harus kita tiru, tetapi itu saja tidak cukup. Kita harus mempelajari seluruh kitab Daniel, khususnya di sini pasal 8 hingga 12.

 

v   “di mulutku terasa manis seperti madu, dan begitu aku memakannya, perutku jadi pahit”

Ini juga kiasan. Artinya, pertamanya enak, setelah itu tidak enak. Bicara tentang apa ini?

Kita kembali ke pembahasan Daniel pasal 12, ke nubuatan 1335 tahun. (bagi yang belum tahu silakan buka di blog ini juga ada pembahasan lengkap nubuatan-nubuatan Daniel)

Kita sudah mempelajari bahwa nubuatan itu digenapi pada tahun 1843. Apa yang terjadi pada waktu itu? Orang-orang yang mempelajari nubuatan-nubuatan Daniel mengenai 2300 petang dan pagi, yang berkumpul menantikan kedatangan Tuhan Yesus ke dunia ini, amat kecewa ketika Tuhan yang mereka nanti-nantikan tidak datang.

Ketika orang-orang yang mempelajari nubuatan Daniel itu [di ayat 7 ini diwakili oleh Yohanes memakan Kitab Daniel], hati mereka dipenuhi oleh kebahagiaan dan sukacita besar karena mereka mengira Tuhan Yesus akan segera datang menjemput mereka. Ini yang digambarkan dengan rasa manis di dalam mulut. Tetapi ketika Tuhan Yesus tidak datang, rasa kecewa mereka begitu besar dan ini yang digambarkan dengan rasa pahit di dalam perut mereka.

 

Jadi Tuhan sudah memberikan amaran bahwa akan terjadi kekecewaan besar pada umat Allah (rasa pahit) sehubungan dengan Kitab Daniel yang dicernakan! Inilah yang diucapkan ketujuh guruh yang tidak boleh dicatat oleh Daniel. Ini adalah ujian bagi umat Allah, ujian untuk menyaring siapa yang benar-benar mengasihi Allah dan mengharapkan kedatanganNya karena ingin hidup bersama Allah, dan siapa yang hanya ikut karena takut neraka atau motif egois lainnya. Kisah tentang dua kali kekecewaan besar yang dialami umat Allah sehubungan dengan nubuatan Daniel 8:14 ini dibahas lebih lengkap di pembahasan kitab Daniel.

 

 

10:11      Dan Ia berkata kepadaku,  ‘Engkau harus bernubuat lagi di hadapan  banyak kaum, dan bangsa, dan bahasa dan raja.’

 

v   “Engkau harus bernubuat lagi”

Kepada Yohanes yang mewakili umat [sidang] Tuhan di dunia ini, Tuhan berpesan, walaupun mereka sudah mengalami kekecewaan besar itu, namun mereka harus bangkit, tugas mereka belum selesai, dan mereka masih harus bernubuat lagi. Artinya kita harus menyampaikan tentang nubuatan-nubuatan yang sudah diberikan Tuhan, baik yang di kitab Daniel khususnya pasal 8-12, maupun di kitab Wahyu yang sedang ditulis Yohanes pada waktu itu. Karena itu ada kaitan yang erat sekali antara kedua kitab ini, Daniel dan Wahyu harus dipelajari bersama-sama untuk bisa mengerti nubuatan-nubuatan yang diberikan Tuhan.

 

v   “di hadapan  banyak kaum, dan bangsa, dan bahasa dan raja”

Dan harus disampaikan kepada siapa? Bukan hanya kepada orang Yahudi, tetapi kepada semua bangsa dan bahasa, dan tidak terkecuali juga kepada raja-raja, artinya orang-orang yang berkuasa dalam pemerintahan.

Mengapa Tuhan khusus menyebutkan “raja” di sini? Karena biasanya raja-raja atau petinggi-petinggi pemerintahan itu yang paling tidak pernah dijangkau oleh Injil. Kita semua takut bersaksi kepada mereka. Aksesnya sulit, protokolnya ketat, sehingga mereka ini paling jarang mendapatkan kesaksian tentang Kristus. Di sini Tuhan mengingatkan bahwa mereka juga butuh diselamatkan, mereka juga butuh kabar baik tentang keselamatan. Biarlah mereka masuk dalam daftar orang-orang yang kita doakan, supaya ada jalan yang dibuka untuk menyampaikan kabar baik kepada mereka juga.

 

 

 

 

May 2013



Tidak ada komentar:

Posting Komentar