Kamis, 12 Desember 2013

120. BOLEHKAH ORANG KRISTEN BERMAIN DENGAN HOROSKOP, RAMALAN, DAN SEJENISNYA?

120. BOLEHKAH ORANG KRISTEN BERMAIN

DENGAN HOROSKOP, RAMALAN, DAN SEJENISNYA?

________________________________________________

Banyak orang Kristen percaya kepada ramalan bintang, horoskop, palmistry, gwamia, ramalan kartu, Tarot, dan segala macam praktek yang oleh Tuhan dimasukkan daftar hal-hal yang dilarang.

 

Banyak dari praktek ini adalah pemalsuan, artinya penipuan murni. Orang-orang yang memberikan pelayanan itu adalah penebak-penebak ulung, psikolog-psikolog amatir, yang bisa membaca mimik wajah dan gerak tubuh orang, mereka mengerti ilmu jiwa dan bisa menarik kesimpulan yang cukup tepat dari satu-dua kata yang diucapkan si tamu, ada yang memang pandai bicara, sehingga apa pun yang dikatakannya cocok dengan keadaan apa pun. Biasanya mereka melakukannya demi uang, dan tidak sedikit orang yang tertipu keahlian mereka ini.

 

Tapi ada juga yang bukan penipuan. Mereka benar-benar bisa meramal. Dan mereka ini, secara sadar atau tidak, menjadi medium roh-roh. Jelas ini bukan roh-roh yang baik, melainkan roh-roh kegelapan yang ikut memberontak kepada Tuhan bersama Lucifer. Mengapa roh-roh kegelapan terlibat di sini? Karena manusia tidak diciptakan untuk bisa meramal kecuali manusia-manusia yang diangkat Tuhan menjadi nabi dan rasulNya. Jadi manusia sendiri tidak memiliki kemampuan meramal.  Adam dan Hawa saja, yang diciptakan langsung oleh tangan Tuhan sendiri, sempurna, sebelum ternoda oleh dosa, tidak bisa meramal. Andai mereka bisa, andai mereka bisa melihat ke masa depan mereka yang harus hidup penuh kesusahan diusir dari taman Eden, tentunya mereka tidak akan makan buah dari pohon terlarang itu.  Jadi, manusia tidak memiliki kemampuan meramal.

 

Jika seseorang bisa meramal, maka hanya ada dua kemungkinan:

1.   Orang itu diberi penglihatan/informasi oleh Tuhan,

Mereka adalah para nabi, rasul, utusan Allah, yang dipakai Allah untuk menyampaikan pesanNya kepada manusia.

Yehezkiel 11:24

Kemudian Roh itu mengangkat aku, dan membawa aku di dalam penglihatan oleh Roh Allah ke negeri Kasdim, kepada mereka yang dalam penawanan. Maka penglihatan yang kulihat, naik ke atas meninggalkan aku.

 

2.   Orang itu diberi penglihatan/informasi oleh Setan.

Mereka Inilah para medium, orang-orang yang dipakai Setan untuk menghubungkannya dengan manusia.

 

Tidak ada kemungkinan lain.

 

 

Baiklah kita melihat kepada yang positif dulu, yaitu bahwa orang itu diberi penglihatan atau informasi oleh Tuhan melalui Roh Kudus. Di zaman yang telah lampau, ada banyak sekali orang yang diberi penglihatan oleh Tuhan. Mereka kita sebut nabi dan rasul.

Sedangkan mereka yang mendapat penglihatan/informasi dari Setan/Iblis atau roh-roh jahat di bawah kuasa Iblis, mereka ini disebut medium, petenung, dukun, ahli sihir, bahkan nabi palsu, dll.

Bagaimana kita membedakan antara mereka yang mendapat penglihatan dari Tuhan daripada mereka yang menjadi medium Setan?

 

Inilah ciri mereka yang meramal/bernubuat oleh kuasa Tuhan, dengan kata lain nabi-nabi yang asli:

1.    Apa yang diajarkan/nasihat yang diberikannya harus sesuai dengan yang diajarkan Firman Tuhan.

Dan itu hanya bisa terjadi bila yang memberi nubuat adalah Sumber yang sama dengan yang menginspirasi penulisan Firman Tuhan, yaitu Roh Kudus sendiri.

2 Petrus 1:21

Karena nubuat pada masa yang lalu tidak datang oleh kehendak manusia, tetapi orang-orang saleh berbicara sebagaimana  mereka digerakkan oleh Roh Kudus.

 

2.    Semua ramalannya harus terbukti benar, tidak boleh hanya sebagian saja yang benar, lainnya salah.

Yeremia 28:9

Nabi yang bernubuat tentang damai, bilamana nubuat nabi itu menjadi kenyataan, baru nabi itu akan dikenal bahwa  TUHAN benar-benar telah mengutusnya.

 

3.    Harus mengakui Yesus Kristus datang sebagai Manusia.

1 Yohanes 4:2-3

2Dengan ini kita mengenal Roh Allah,  setiap roh yang mengakui bahwa Yesus Kristus telah datang sebagai Manusia, berasal dari Allah, 3dan setiap roh yang tidak mengakui Yesus Kristus telah datang sebagai Manusia, tidak berasal dari Allah. Dan ini adalah roh antikristus, yang telah kamu dengar bahwa ia akan datang, dan sekarang ini ia sudah ada di dalam dunia.

 

1 Korintus 12:3

Karena itu aku memberimu mengerti, bahwa tidak ada seorang pun yang berkata-kata oleh Roh Allah, menyebut Yesus terkutuk; dan tidak ada seorang pun, yang dapat berkata bahwa Yesus adalah Tuhan, selain oleh Roh Kudus.

 

4.    Kehidupan pribadi orang itu sendiri selalu taat pada Allah

Efesus 5:9

karena buah Roh ada dalam segala  kebaikan, dan keadilan dan kebenaran.

 

Yehezkiel 36:27

Dan Aku akan menempatkan Roh-Ku di dalam dirimu, dan membuat kamu hidup menurut segala ketetapan-Ku, dan kamu akan memelihara peraturan-peraturan-Ku dan melakukan mereka.


5.    Pesan-pesan yang diberikannya adalah agar manusia kembali kepada Allah agar boleh selamat

Yesaya 42:1

Lihat, hamba-Ku, yang Aku dukung, Pilihan-Ku, kepadaNya Aku berkenan. Aku telah menaruh Roh-Ku padaNya, Ia akan mengenalkan penghakiman kepada bangsa-bangsa.

 

Bagaimana ciri-ciri mereka yang memberikan ramalan bukan oleh kuasa Allah?

Ya semua yang bertolakbelakang dengan 5 poin di atas.

Ada banyak guru palsu dan nabi palsu, Tuhan sudah mengingatkan itu, bahkan semakin dekat akhir zaman, semakin banyak. Bahwa seorang mengaku beragama (Kristen), tidak berarti ramalan-ramalannya pasti datang dari Tuhan. Kita harus teliti memeriksa apakah dia memenuhi semua 5 poin di atas.

 

 

APA KATA TUHAN TENTANG ORANG-ORANG YANG MENJADI JURUBICARA ROH-ROH JAHAT ITU?

 

Keluaran 22:18

Engkau tidak boleh membiarkan seorang ahli sihir perempuan hidup.

Kalau ahli sihir laki-laki bagaimana? Ya sama saja, karena mereka sama-sama memakai jasa roh-roh jahat.

 

Imamat 19:31

Jangan dengarkan mereka yang berhubungan dengan roh-roh yang dikenal, juga jangan mencari dukun-dukun untuk dinajiskan mereka; Akulah TUHAN, Allahmu. 

 

 Ulangan 18:10-12

10 Di antaramu janganlah ditemukan seorang pun yang membuat anaknya laki-laki atau anaknya perempuan untuk melewati api, atau yang menjadi petenung, atau seorang peramal, atau seorang dukun, atau seorang penyihir,11 atau seorang pemantera, atau seorang yang bertanya kepada roh-roh yang dikenal, atau seorang dukun, atau seorang yang meminta petunjuk kepada orang mati. 12Sebab semua yang melakukan hal-hal ini adalah kekejian bagi TUHAN, dan oleh karena kekejian-kekejian inilah TUHAN, Allahmu, menghalau mereka dari hadapanmu.

 

Imamat 20:27

Seorang laki-laki atau perempuan yang berhubungan dengan roh-roh yang dikenal atau seorang dukun, harus dihukum mati; orang-orang harus merajam mereka dengan batu; darah mereka adalah tanggungan mereka sendiri.

 

Yesaya 8:19

Dan apabila mereka akan berkata kepada kamu,  ‘Carilah mereka yang punya hubungan dengan roh-roh yang dikenal, dan kepada dukun-dukun yang melihat dan yang komat-kamit,’; ‘Bukankah suatu bangsa patut mencari  dari Allah mereka? Bukan yang hidup kepada yang mati?

 

Wahyu 21:8

Tetapi, orang-orang penakut, dan yang tidak percaya, dan yang keji, dan para pembunuh, dan orang-orang amoral secara seksual, dan tukang-tukang sihir, dan penyembah-penyembah berhala, dan semua pendusta, akan mendapat bagian mereka di dalam lautan yang menyala-nyala oleh api dan belerang; yang adalah kematian yang kedua.

 

1 Samuel 15:23

Sebab pemberontakan itu sama seperti dosa sihir,  dan keras kepala itu seperti dosa dan penyembahan berhala. Karena engkau telah menolak firman TUHAN, Ia juga telah menolak engkau menjadi raja.

 

Yehezkiel 13:18

Dan katakanlah, ‘Beginilah firman Tuhan ALLAH: Celakalah dukun-dukun perempuan, yang menjahit jimat-jimat pada lengan-lengan baju dan membuat cadar-cadar bagi kepala orang dari segala ukuran, untuk berburu jiwa. Apakah kamu mau berburu jiwa-jiwa umat-Ku tetapi mempertahankan  hidupmu sendiri?

 

Imamat 19:26

Engkau tidak boleh makan apa pun bersama darahnya, juga jangan kamu menggunakan guna-guna, maupun mempercayai ramalan.

 

 

Beberapa ayat di atas sudah jelas menyatakan sikap Tuhan terhadap segala macam praktek mistik seperti ini, baik yang bertanya maupun yang menjadi mediumnya, sama-sama adalah kekejian di mata Tuhan.

Dari ayat-ayat itu saja sudah jelas, bahwa Tuhan menganggap bicara kepada “roh-roh yang dikenal” itu suatu kejahatan. Yang dimaksud “roh-roh yang dikenal” adalah “arwah-arwah”. Mengapa?   Kita ingat cerita Raja Saul yang minta kepada dukun di En-dor supaya dihubungkan dengan roh (arwah) nabi Samuel. Dan Alkitab mencatat :

1 Tawarikh 10:13-14

13 Demikianlah Saul mati karena pelanggarannya yang dilakukannya melawan TUHAN, yaitu melawan Firman TUHAN, yang tidak dipeliharanya, dan juga karena ia meminta petunjuk dari seorang dukun, untuk bertanya pada roh yang dimiliki dukun itu; 14 dan tidak meminta petunjuk dari TUHAN. Sebab itu TUHAN membunuh dia dan menyerahkan kerajaan  itu kepada Daud bin Isai.

 

Bukankah Samuel itu nabi Tuhan yang benar? MENGAPA TUHAN MARAH KEPADA SAUL KARENA DIA BERUSAHA MENGHUBUNGI ARWAH SAMUEL?  Bukankah itu baik, minta nasihat dari nabi Tuhan, walaupun dia sudah mati?  Apakah setelah nabi Samuel mati lalu dia berubah menjadi jahat sehingga Tuhan tidak senang hati Saul mencoba minta nasihat darinya?

T I D A K !!!!

TUHAN MARAH KARENA TUHAN TAHU, ARWAH ATAU ROH ORANG MATI ITU TIDAK ADA! Nabi Samuel masih tetap mati dan tidak berubah menjadi arwah. TUHAN TAHU YANG MENYAMAR MENJADI ARWAH TAK LAIN ADALAH SETAN DAN ROH-ROH JAHAT PENGIKUTNYA. KARENA ITULAH TUHAN MARAH, SEBAB BERARTI SAUL BERTANYA KEPADA SETAN!

 

Karena itu, semua orang Kristen hendaknya tidak mengasosiasikan dirinya dengan segala praktek yang melibatkan kehadiran roh-roh jahat, apakah itu tukang ramal, tukang gwamia, tukang membaca rajah tangan, tukang membaca kartu, dukun, petenung, ahli sihir, pengguna-guna, dan sejenisnya, karena mereka itu semua dibekking oleh Setan dan pengikutnya.

Seringkali kita tidak merasa bahwa kita telah menempatkan diri kita di posisi menantang Tuhan dengan permainan atau hobi kita yang tampaknya tidak berbahaya. Itu sekadar iseng-iseng kok, tidak dipercayai sungguh, hanya untuk mengisi waktu. Horoskop, Tarot, kalkulasi tanggal lahir, primbon, dan 1001 macam permainan/praktek menarik yang disodorkan dunia modern adalah hal-hal yang biasa, atraksi yang digelar di mana-mana, bahkan surat kabar pun memuatnya setiap hari.  Hati-hati karena dengan terlibat permainan “tidak berbahaya” seperti itu, tanpa kita sadari, kita sudah berbuat seperti Saul, yaitu bertanya kepada Setan atau minta informasi dari Setan! Dan kita beresiko menerima hukuman yang sama yang diterima oleh Saul.

 

Tuhan yang empunya seluruh alam semesta ini. Sedangkan kita mengaku sudah ditebus oleh Tuhan. Jika kita punya pertanyaan, kita patut bertanya kepada Tuhan, dan tidak kepada tukang ramal atau dukun dan sebangsanya. Jangan membuat marah Tuhan dengan bertanya kepada Setan! Di mana muka Tuhan kalau anak yang ditebusNya dengan darahNya sendiri, justru bertanya kepada Setan, yang adalah musuhNya?

 

 

 

 

 

 

2013-07-24 




6 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  2. Trma kasih, skg sy sudh faham .

    BalasHapus
  3. Perkongsian yang sangat mengubah pandangan hal permainan palsu peramal. Perlu berbalik kepada kebenaran Firman Tuhan (Alkitab).

    BalasHapus