Minggu, 04 Februari 2024

231. KAPAN KIRA-KIRA YESUS LAHIR

 

231. KAPAN KIRA-KIRA YESUS LAHIR

_______________________________

 

Mayoritas orang dunia tahu bahwa Yesus Kristus tidak lahir tanggal 25 Desember, walaupun ada gereja yang masih bersikukuh berusaha memaksakan bahwa Yesus benar-benar lahir di akhir Desember, bahwa di Bethlehem akhir Desember itu tidak dingin dan gembala-gembala bersama domba-domba mereka nyaman bermalam di padang rumput.  Tapi walaupun dunia pada umumnya tahu 25 Desember bukan hari kelahiran Yesus, seluruh dunia tetap merayakan kelahiran Yesus Kristus secara besar-besaran pada tanggal 25 Desember. Alasan bahwa karena kita tidak tahu kapan persisnya hari kelahiran Yesus jadi tidak apa-apa kita asal mencomot sembarang tanggal untuk merayakannya, sebetulnya kurang menghargai kekudusan Yesus Kristus. Yesus bukan sembarang manusia yang layak dirayakan kelahiranNya kapan saja sesuka hati kita. Apalagi jika tanggal yang dicomot untuk merayakan kelahiranNya itu adalah tanggal kelahiran dewa-dewa pagan, diantaranya dewa matahari banyak kepercayaan pagan kuno, juga dewa Tamuz (anak dewi Semiramis) dari Babilon, dan lain-lain. Padahal penyembahan berhala adalah kekejian (abomination) bagi Tuhan, dosa yang paling dibencinya. Bagaimana Yesus Kristus yang adalah inkarnasi Allah Anak, Sang Firman, bisa disejajarkan dengan dewa-dewa pagan oleh orang Kristen sendiri? Apakah ini suatu kebetulan yang menyedihkan atau kesengajaan yang terselubung? Yang pasti ini adalah penghinaan terhadap Yesus Kristus yang sekarang sudah kembali ke Surga, Allah Anak yang menjadi Imam Besar dan Hakim kita.

 

Sebetulnya, kalau kita mau mempelajari Alkitab, kita bisa tahu kira-kira kapan Yesus Kristus lahir. Tuhan tidak memberikan tanggalnya persis, tapi musimnya bisa kita dapatkan dari Alkitab. Di bawah ini aku bagikan pembahasan singkat yang cukup komprehensif dari Pdt. Stephen Bohr, kapan kira-kira kelahiran Yesus itu.

 

Pertama Pdt. Stephen Bohr mengemukakan beberapa alasan mengapa kelahiran Yesus itu TIDAK MUNGKIN pada akhir bulan Desember.

1.    Karena pada waktu kelahiranNya, para malaikat memberitahu gembala-gembala yang bermalam bersama domba-domba mereka di padang rumput di Bethlehem.

Di bulan Desember, Bethlehem itu dingin sekali apalagi di malam hari, sehingga tidak mungkin para gembala membawa domba-domba mereka bermalam di bawah langit yang terbuka pada saat itu. Mereka dan domba-domba mereka akan sangat kedinginan. Logisnya di musim itu semua gembala maupun domba-domba akan berada di tempat yang terlindung, yang hangat.

Lukas 2:8-9,

8 Dan di daerah yang sama itu ada gembala-gembala yang tinggal di padang, menjaga kawanan ternak mereka pada waktu malam. 9 Dan tiba-tiba, malaikat Tuhan datang kepada mereka dan kemuliaan Tuhan bersinar di sekeliling mereka, dan mereka sangat ketakutan.

 

2.    Alasan lain berkaitan dengan pembaptisan Yesus.

Lukas 3:21-22 bicara tentang pembaptisan Yesus. Lalu ayat berikutnya mengatakan umur berapa Yesus pada waktu dibaptis itu.

Lukas 3:23

Dan Yesus sendiri baru mulai berumur kira-kira tiga puluh tahun, yang (menurut anggapan orang), adalah anak Yusuf, yang adalah anak Eli.





 

Kapankah Yesus dibaptis? Yesus dibaptis itulah saatnya Dia diurapi, untuk memulai ministriNya di dunia ini. Menurut Nubuatan 70 Minggu di kitab Daniel 9:27, Yesus diurapi pada awal minggu yang terakhir dari nubuatan 70 Minggu itu, dan kematianNya terjadi di tengah-tengah minggu yang terakhir tersebut. Berarti dari pengurapan (pembaptisan) Yesus hingga kematianNya itu setengah minggu. Kalau 1 minggu itu 7 hari, maka setengah minggu itu 3½ hari. Karena 1 hari nubuatan = 1 tahun literal, maka  berarti dari saat Yesus dibaptis hingga saat Yesus disalib itu 3½ tahun. (Silakan mempelajari nubuatan 70 Minggu ini di pembahasan Nubuatan Daniel yang juga ada di blog ini ~ terlalu panjang jika dibahas di sini juga). Paham ya? Ini ada skemanya.

 

Kita tahu kapan Yesus disalib, yaitu persis berbarengan dengan upacara Passah di tahun 31 AD tersebut. Ini mudah sekali kita temukan di kitab-kitab Injil. Kita tahu bahwa upacara Passah itu diadakan di musim semi, pada tanggal 14 Nisan. Menurut kalender kita, 14 Nisan tahun 31 AD itu jatuh di hari Jumat 27 April 31 AD. Jadi ini di musim semi. (Lihat pembahasan # 209 di blog ini untuk mendapatkan tanggal ini.)

Nah, jika kita mundur 3½ tahun, saat Yesus diurapi (dibaptis) pada awal usia 30,  maka kita mendapatkan itu tahun 27 AD musim gugur. Paham kan? 27 AD musim gugur ditambah 3½ tahun = 31 AD musim semi. Klop kan?

Jika Yesus baru memasuki usia 30 tahun di musim gugur tahun 27 AD, maka Yesus tentunya dilahirkan kapan? Tentunya Dia dilahirkan di tahun 4 BC musim gugur. Berarti Dia tidak lahir di musim dingin! Yesus lahir di musim gugur. Tanggalnya kita tidak tahu, tapi musimnya kita tahu.

 

Jadi kita sudah menemukan bahwa kelahiran Yesus tidak mungkin terjadi di akhir Desember, dan kita simpulkan bahwa Yesus lahir di musim gugur.

Sekarang kita cocokkan dengan kronologinya di Alkitab.

 

Nah, kita tahu bahwa upacara Passah adalah upacara relijius yang pertama menurut kalender Yahudi, di bulan pertama yaitu bulan Nisan pada hari ke-14 menurut penanggalan Yahudi.  Itulah saatnya Bait Suci memulai pelayannya, itulah awal tahun relijiusnya. Maka titik mula dari kronologi kita ialah dari Passah, dari dimulainya pelayanan Bait Suci.

 

Nah, Alkitab memberitahu kita bahwa ada 24 kelas (kelompok) pelayanan di Bait Suci. (Bisa dibaca sendiri di Tawarikh pasal 24). “Kelas” berarti putaran atau rotasi pelayanan bagi imam-imam di Bait Suci, masing-masing kelompok imam melayani dua kelas atau dua putaran.

1 Tawarikh 24:1

1 Inilah pembagian dari anak-anak Harun. Anak-anak Harun ialah Nadab, Abihu, Eleazar dan Itamar…” 

 

Harun (Imam Besar yang pertama, saudara Musa) memilki 4 anak dan keempat anak ini membagi tugas pelayanan imam menjadi 24 periode atau 24 kelas, artinya dalam satu tahun, imam-imam ini melayani dua kelas di Bait Suci, dengan kata lain,  mereka bergantian.

Jadi setelah kita membaca 1 Tawarikh pasal 24, kita lihat setiap tahun dibagi berapa kelas? 24 kelas pelayanan imam yang dimulai pada hari ke-14 bulan Nisan. Dan kita tahu setiap kelompok imam melayani dua kelas dalam setahun. 

 

Zakharia, ayah Yohanes Pembaptis (saudara sepupu Yesus) itu seorang imam. Kita lihat sekarang kapan periode/kelas pelayanan di mana Zakharia termasuk.

Lukas 1:5

5 Pada zaman Herodes, raja Yudea, adalah seorang imam yang bernama Zakharia dari kelas Abia. Isterinya dari keturunan Harun, namanya Elisabet.

 

Jadi Zakharia ini masuk di kelas/kelompoknya Abia.

 

Sekarang kita lihat Abia ini mendapat giliran siklus yang mana.

1 Tawarikh 24:10  

10 yang ketujuh  kepada Hakos; yang kedelapan kepada Abia.

 

Berarti Zakharia ini di siklus yang kedelapan, karena dia termasuk kelompok Abia.

 

Flavius Josephus seorang sejarahwan Yahudi, lahir di tahun 37 AD menulis di Antiquities of the Jews buku 7, bab 14, paragraf 7, “…Dia (Daud) membagi mereka juga ke dalam kelas-kelas. Dan ketika dia selesai memisahkan imam-imam dari antara mereka, dia mendapatkan 24 kelas pada imam-imam ini, 16 dari keluarga Eliezer dan 8 dari keluarga Ithamar. Dan dia menetapkan bahwa satu kelas harus melayani Allah 8 hari, dari Sabat hingga Sabat. Maka kelas-kelas itu dibagikan dengan diundi di hadapan Daud, dan Zadok dan Abiathar imam besar, dan para pemimpin. Dan kelas yang muncul pertama dicatat sebagai yang pertama, demikian juga yang kedua dan seterusnya hingga yang ke-24. Dan pembagian ini berlaku hingga hari ini. …” 

 

Jadi kita tahu satu siklus itu dari Sabat hingga Sabat atau satu minggu. Satu tahun dua minggu. Kalau begitu siklus yang kedelapan adalah minggu ke berapa? Ya minggu kedelapan, benar? Minggu kedelapan adalah minggu yang dialokasikan kepada kelompok/kelas Abia, Zakharia termasuk di kelompok itu.

 

Nah, jika siklus pelayanan itu dimulai pada 14 Nisan, maka 8 minggu kemudian itu tiba di mana?  Kita tiba di awal/pertengahan Juni, benar? Dari April hingga awal/pertengahan Juni.

Berarti ketika Zakharia mulai melayani selama periode Abia, dia berada di awal/ pertengahan Juni.

 

Mengapa kita mempelajari skedul pelayanan Zakharia? Karena kalau kita tahu kapan istri Zakharia (Elisabet) mengandung, kita akan tahu kapan Maria (ibu Yesus) mengandung, karena beda 6 bulan.

 

Sekarang mari kita baca ayat-ayat di Lukas.

Lukas 1:8-9

8 Pada suatu kali, ketika dia (= Zakharia) melakukan tugas keimaman di hadapan Allah menurut urutan kelasnya 9 Menurut kebiasaan tugas imam, dia terundi untuk membakar ukupan bila ia masuk ke dalam Bait Suci Tuhan.

 

Berarti ini terjadi di awal/pertengahan Juni.

 

Lukas 1:23-24

23 Dan terjadilah, begitu masa pelayanannya sudah selesai, ia pulang ke rumahnya sendiri. 24 Dan setelah masa itu istrinya, Elisabet, mengandung dan menyembunyikan dirinya selama lima bulan.

 

Jadi di pertengahan Juni, setelah selesai menjalankan giliran tugasnya di Bait Suci, Zakharia pulang ke rumahnya, dia berhubungan seksual dengan istrinya, dan istrinya mengandung.

 

Nah setelah Elisabet mengetahui dirinya mengandung, dia menyembunyikan dirinya untuk berapa lama? Untuk lima bulan. Alkitab tidak mengatakan mengapa dia menyembunyikan dirinya. Dari pertengahan Juni lima bulan kemudian kita tiba di mana? Pertengahan November, kan?

 

Lukas 1:26-27, 35-36

26 Dan di bulan keenam…” bulan keenam kehamilan Elisabet, berarti di pertengahan Desember, benar? “…26 Dan di bulan keenam malaikat Gabriel diutus Allah pergi ke sebuah kota di Galilea bernama Nazaret, 27 kepada seorang perawan yang sudah dijanjikan kepada seorang yang bernama Yusuf dari keluarga Daud; dan nama perawan itu Maria.

 

Jadi di pertengahan Desember, malaikat Gabriel datang pada Maria di Nazaret.

Lukas 1:30-31, 35-36

30 Lalu kata malaikat itu kepadanya: ‘Jangan takut, Maria, sebab engkau telah mendapatkan perkenan Allah. 31 Dan lihatlah, engkau akan berbuah dalam rahimmu dan melahirkan seorang anak laki-laki dan harus menamai Dia Yesus.’

35 Jawab malaikat itu kepadanya: ‘Roh Kudus akan turun ke atasmu dan kuasa Allah Yang Mahatinggi akan menaungi engkau; sebab itu Yang Kudus itu yang akan kaulahirkan itu akan disebut Anak Allah.  36 Dan lihatlah, sepupumu  Elisabet, ia pun sedang mengandung seorang anak laki-laki pada hari tuanya, dan inilah bulan yang keenam bagi dia, yang dulu disebut mandul.’

 

Lihat, setelah kedatangan Gabriel pada pertengahan Desember itulah pembuahan Yesus terjadi. Sampai di sini semua jelas?  Jika pembuahan terjadi pada pertengahan Desember, maka kelahiran Yesus tidak mungkin di akhir Desember tahun berikutnya, kan? Tidak ada orang yang mengandung 12 bulan!

 

Sekarang ada sesuatu yang menarik.

Di bulan Desember ada sebuah perayaan menurut tradisi Yahudi, yang disebut Perayaan Dedikasi, yang dikenal sebagai Perayaan Terang. Orang Yahudi menyebutnya Hanukkah. Perayaan ini berlangsung selama 8 hari. Ini bukan salah satu Perayaan Bait Suci yang asli yang ada di Imamat 23, tetapi Yesus menghadiri Perayaan Dedikasi ini, tercatat di Alkitab.

Yohanes 10:22-23

22 Dan  di Yerusalem diadakan Perayaan Dedikasi (LAI menyebutnya:  Pentahbisan Bait Allah), ketika itu musim dingin. 23 Dan Yesus berjalan-jalan di Bait Allah, di serambi Salomo.

 

Perayaan ini terjadi di bulan Desember, dan tidak selalu pada tanggal yang sama. Misalnya tahun lalu atau lebih tepatnya tahun ini Hanukkah akan dirayakan dari 12 Desember hingga 20 Desember. Tahun depan itu akan terjadi antara 2 Desember hingga 10 Desember.

Perayaan Dedikasi ini oleh orang Yahudi disebut Hanukkah yang dilambangkan oleh sembilan kaki dian. Kaki dian di Bait Suci hanya tujuh, yang di Hanukkah itu sembilan, melambangkan sangat terang luar biasa. Mari kita periksa sedikit sejarah tentang Hanukkah ini.

Dari 165-163 BC, Antiochus Epiphanes mempersekusi bangsa Yahudi, menghentikan pelayanan Bait Suci, dan mengurbankan seekor babi di atas mezbah, dengan demikian menajiskan Bait Suci. Yudas Macabeus menyelamatkan bangsa Yahudi dari Antiochus, dan untuk memperingati penyelamatan itu, ditetapkanlah Perayaan Dedikasi.

Jadi amat sangat besar kemungkinannya pembuahan Yesus yang terjadi saat Perayaan Dedikasi atau Perayaan Terang. Bukankah Yesus juga disebut Terang Dunia?

Yohanes 1:4, 5, 9.

4 Dalam Dia ada hidup, dan hidup itu adalah terang bagi manusia. 5 Dan terang itu bercahaya  dalam kegelapan,  dan kegelapan itu tidak memahaminya. 9 Terang itulah Terang yang sesungguhnya, yang memberi terang kepada setiap orang yang masuk ke dalam dunia…”

 

Yohanes 8:12,

12 Lalu Yesus berbicara kepada mereka lagi, kata-Nya, ‘Akulah terang dunia; barangsiapa mengikut Aku, ia tidak akan berjalan dalam kegelapan, melainkan ia akan mempunyai terang hidup.’

 

 

Kita lanjutkan karena Lukas masih memberikan detail lebih jelas.

Lukas 1:39-42.

39 Dan pada hari-hari itu berangkatlah Maria menuju ke daerah pegunungan dengan tergesa-gesa ke sebuah kota di Yehuda. 40 Dan masuk ke rumah Zakharia dan memberi salam kepada Elisabet. 41 Dan terjadilah ketika Elisabet mendengar salam Maria, melonjaklah anak yang di dalam rahimnya dan Elisabet pun penuh dengan Roh Kudus, 42 lalu ia bicara dengan suara nyaring, dan berkata, ‘Diberkatilah engkau di antara semua perempuan dan diberkatilah buah rahimmu.’

 

Mendengar dari malaikat Gabriel bahwa sepupunya Elisabet mengandung, Maria segera pergi mengunjunginya. Maria paham bahwa kandungan Elisabet pasti bukan bayi biasa, karena Gabriel yang memberitahukannya. Disebutkan di sini  “pada hari-hari ituyaitu pada hari-hari setelah kunjungan Gabriel kepadanya, berarti hanya dalam hitungan hari, bukan berminggu-minggu setelah itu, Maria sudah langsung  berangkat ke rumah Elisabet, dikatakan bahwa dia “tergesa-gesake sana. Dan Maria sudah dalam keadaan mengandung, karena ketika dia tiba di rumah Elisabet, bayi yang di kandungan Elisabet sudah mengenali Sang Messias di kandungan Maria.

 

Kemudian kita mendapat tahu bahwa Maria tinggal bersama Elisabet selama tiga bulan.

Lukas 1:56,

Dan Maria tinggal bersamanya kira-kira tiga bulan lamanya, lalu pulang ke rumahnya sendiri. 

 

Ini membawa kita ke awal/pertengahan Maret. Lalu Maria pulang sebelum Elisabet melahirkan. Maka di waktu ini Maria sudah hamil kira-kira tiga bulan. Jadi masih berapa bulan lagi hingga ke saat kelahiran Yesus? Kalau kita maju enam bulan lagi,  itu membawa kita hingga ke pertengahan September. Nah kita tahu bahwa kelahiran bayi itu bisa maju atau mundur sekitar 2 minggu, maka logislah bila kita katakan Yesus lahir antara awal September sampai awal Oktober, selambat-lambatnya pertengahan Oktober. Tidak mungkin molor hingga akhir Desember.

 

Lukas 1:57

Lalu genaplah bulannya bagi Elisabet untuk bersalin, dan ia pun melahirkan seorang anak laki-laki.

 

Jadi Yohanes Pembaptis lahir sekitar 6 bulan lebih dulu daripada Yesus, karena dia dibuahi 6 bulan lebih duluan daripada Yesus.

 

 

Nah, ini ada hal yang menarik yang kedua.

Antara pertengahan September dan awal October penanggalan Yahudi, ada perayaan Tabernakel atau Pondok Daun. Ini adalah Perayaan yang tertuis di kitab Taurat Musa, di Imamat pasal 23. Perayaan ini mirip  Perayaan Dedikasi/Perayaan Terang yang diadakan di bulan Desember, sama-sama berlangsung 8 hari, sama-sama dirayakan dengan sukacita besar, dengan membawa ranting-ranting dan dahan-dahan berdaun dan palem.

Maka:

ü   jika pembuahan Yesus diperkirakan terjadi bertepatan dengan Perayaan Dedikasi/Terang sekitar pertengahan Desember,

ü   kelahiranNya diperkirakan terjadi bertepatan dengan saat Perayaan Tabernakel, antara pertengahan September hingga awal Oktober.

 

Yohanes 1:14

Firman itu telah menjadi daging dan diam di antara kita, dan kita telah melihat kemuliaan-Nya, yaitu kemuliaan sebagai satu-satunya yang berasal dari Bapa, penuh kasih karunia dan kebenaran.

Kata “diam” di sini dalam bahasa Greekanya ialah: σκηνόω [skēnoō], yang di kitab Ibrani pasal 8 dipakai untuk menggambarkan tabernakel Allah. Jadi bisa dikatakan bahwa "Firman itu telah menjadi daging dan bertabernakel di antara kita”.

 

Yesus menghadiri Perayaan Dedikasi, Yesus juga menghadiri Perayaan Tabernakel.

Yohanes 7:2, 10

2 Ketika itu Perayaan Tabernakel orang Yahudi sudah dekat. 10 Tetapi sesudah saudara-saudara Yesus berangkat ke pesta itu, Ia pun pergi juga ke perayaan itu, tidak terang-terangan tetapi diam-diam.

 

Di Perayaan Tabernakel, Yesus memperkenalkan Dirinya sebagai Air Kehidupan.

Yohanes 7:37

37 Dan pada hari terakhir, yaitu pada hari besar puncak Perayaan itu, Yesus berdiri dan berseru, ‘Jika ada yang haus, baiklah ia datang kepada-Ku dan minum.’

 

 

Bagi mereka yang sudah mengerti bahwa sejak 22 Oktober 1844 kita sedang hidup di masa Hari Grafirat, maka hanya tersisa satu Perayaan lagi yang akan digenapi, yaitu Perayaan Tabernakel, dan teman-teman, aku beri bocoran dari Roh Nubuat, Perayaan Tabernakel yang terakhir ini akan kita rayakan di Surga bersama Yesus yang akan menjamu kita.

 

 

 

05 02 24

Tidak ada komentar:

Posting Komentar